Jum'at, 29 Mei 2020

Adnan Buyung: Pemeriksaan Anas Bentuk Feodalisme Partai Demokrat

Adnan Buyung: Pemeriksaan Anas Bentuk Feodalisme Partai Demokrat

HUKUM
28 Juli 2011, 15:13 WIB
Cuplik.Com - Jakarta - Mensikapi pemeriksaan Anas di Blitar kemarin, anggota Komisi Hukum DPR Nasir Djamil mengingatkan agar Polri berlaku profesional dalam menangani perkara pidana. Nasir menyesalkan langkah Polri mengirimkan penyidik untuk meminta keterangan Anas Urbaningrum di Blitar, Jawa Timur.

Lanjut Dia, "Satu sisi mungkin apa yang dilakukan Mabes Polri dengan memeriksa Anas di Blitar adalah bentuk pelayanan polisi kepada masyarakat. Tapi di sisi lain sepertinya polisi melakukan itu karena Anas adalah Ketum Demokrat, ini bisa menimbulkan persepsi negatif terhadap Polri," kata Nasir kepada cuplik, Kamis (28/7/2011).

Nasir berharap Polri mengutamakan pelayanan kepada semua lapisan masyarakat tanpa mengistimewakan orang tertentu. "Polisi ke depan harus melakukan hal yang sama kepada masyarakat kelas bawah yang tidak memiliki kekuasaan," sambungnya.

Bila pelayanan hanya ditujukan kepada orang tertentu, Nasir mengkhawatirkan kredibilitas Polri sebagai penegak hukum makin turun. Menurutnya, Polri harus membebaskan diri dari kepentingan tertentu.

Tegasny, "Nanti polisi kita akan ini akan dinilai lebay oleh publik. Sebab publik akan bertanya apakah tindakan polisi itu akan sama jika Anas bukan Ketum Demokrat atau kalau Anas masyarakat biasa? Saya menyarankan agar Polri ke depan lebih hati-hati dan bijaksana menyikapi kasus yang menjadi perhatian luas publik," tegasnya

Sebelumnya kuasa hukum Anas, Patra M Zen menampik tudingan bahwa kliennya mendapat keistimewaan dari Polri. Menurutnya pemeriksaan di Blitar merupakan hak pelapor yang diatur dalam Pasal 113 KUHAP dan Peraturan Kapolri. "Kalau pelapor itu boleh di mana saja," katanya berkilah.

Kritik yang samapun dikatakan Advokat senior Adnan Buyung Nasution yang menilai pemerikasaan terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum tak sepantasnya dilakukan di Blitar Jawa Timur. Bagi dia seharusnya pihak kepolisian juga tidak bersikap pandang pilih terhadap siapapun. Semestinya Anas datang ke Mabes Polri bukan sebaliknya. Menurutnya pemeriksaan tersebut adalah bentuk feodalisme yang ditunjukkan oleh Partai Demokrat.

Lanjut Buyung, "Dia yang ngadu, dia lah yang datang menjelaskan ke Mabes polri. Apakah ini menunjukkan feodalisme. Justru sebagai pelapor harus datang," ujar Adnan kepada wartawan di Resto Pulau Dua, Senayan, Jakarta, Rabu (27/7/2011).

Disamping itu, menurut Adnan pemeriksaan Anas di Blitar suatu hal yang tidak etis dilakukan oleh Polri. "Kalo dia lapornya di sini, dia diperiksa di sini. Datanglah supaya melanjutkan, ini sangat tidak etis, memalukan," kata dia.

Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

VIDEO

Pemdes Dermayu Ajak Semua Pihak Semprot Disinfektan dan Bagikan Masker ke Warga29/05

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060