Selasa, 14 Juli 2020

Kasus Pemalsuan Surat MK Mulai Tercium POLRI

Kasus Pemalsuan Surat MK Mulai Tercium POLRI

HUKUM
28 Juni 2011, 08:30 WIB
Cuplik.Com - Jakarta - Pihak POLRI selaku lembaga yang menyidik mengaku sudah mengantongi nama calon tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan surat Mahkamah Konstitusi pada pemilu 2009 lalu. Saat ini, pemeriksaan memang baru pada tahap penyelidikan.

Tetapi, menurut Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Ito Sumardi, pemeriksaan ini akan ditingkatkan ke tahap penyidikan. Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan, termasuk dari Mahkamah Konstitusi dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam waktu dekat, lanjut Ito, penyidik akan mengumumkan bagaimana proses lanjutan kasus tersebut. "Penyidik sudah pegang nama-nama calon tersangka," ujarnya di Mabes Polri, Senin (27/6).

Ramainya kasus ini mencuat setelah Ketua Mahkamah Konstitusi Moh Mahfud MD secara terbuka mengungkapkan, pernah melaporkan ke Mabes Polri berkaitan dugaan pemalsuan surat penetapan calon terpilih anggota DPR. Dugaan pemalsuan itulah yang ditengarai melahirkan sejumlah kursi ‘haram' di Senayan.

Tentang siapa yang paling mungkin calon tersangka, Ito masih enggan untuk memberi informasi. Ia berdalih penyidik masih ingin memastikan siapa yang melakukan pemalsuan surat sebagaimana laporan Ketua MK ke polisi. Polisi juga ingin memastikan siapa yang menyuruh melakukan. "Sudah ada beberapa pihak yang sudah diperiksa seperti dari MK dan KPU," tukas mantan Kapolda Riau itu.

Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Boy Rafli Amar mengatakan penanganan kasus tersebut diserahkan kepada Bareskrim. Pihak MK telah berkoordinasi dengan menanyakan perkembangan kasus tersebut ke Bareskrim. "Kita sama-sama menunggu proses selanjutnya," imbuhnya.

Penyidik, jelas mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu, tetap fokus pada penelusuran surat asli tapi diduga palsu itu. "Jadi, proses pembuktian adanya dugaan pemalsuan, penyidik akan fokus ke sana. Baik pengumpulan informasi, pengumpulan alat bukti," pungkasnya.

Siap ‘dibedah'

Di tempat terpisah, Ketua Mahkamah Konstitusi Moh Mahfud MD, polisi dan MK saling bertukar informasi. Polri berjanji akan meneruskan kasus ini sampai tuntas. Berdasarkan informasi yang dia peroleh, satu dua orang yang mungkin jadi tersangka akan dipanggil

Berkaitan dengan pengungkapan kasus ini, Mahfud menegaskan Mahkamah Konstitusi siap ‘dibedah' demi membuat terang kasusnya. "Melalui Sekjen saya minta agar menyatakan siap dibedah apa yang ada di sini untuk mengungkap kasus itu seterang-terangnya," kata Guru Besar Hukum Tata Negara itu.

Mahfud juga mengapresiasi kerja polisi mengungkap kasus ini. Dari semula nyaris kesulitan mengumpulkan bukti, kini kian terang setelah ada perdebatan di media massa dan diskusi di DPR. Siapapun yang kelak dijadikan tersangka, MK tak akan ikut campur.

Yang pasti MK sudah menyerahkan bukti-bukti pendukung. Jika kurang, MK bersedia menyerahkan bukti-bukti lain. "Untuk penetapan nama-nama tersangkanya, itu merupakan urusan pihak Kepolisian," kata dia.

Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

VIDEO

Kasus terduga pencabulan anak umur 3,5 tahun14/07

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060