Selasa, 14 Juli 2020

Resep Gulai Kepala Ikan A la Singapura

Resep Gulai Kepala Ikan A la Singapura

GAYA HIDUP
2 Oktober 2009, 10:20 WIB
Cuplik.Com - Kepala ikan sering menjadi bahan makanan yang disisihkan di sebuah restoran atau tempat makan lainnya. Mereka lebih sering memakai badan ikan yang banyak dagingnya. Namun di tangan Chef Subardi dari Bukti Darmo Golf Surabaya justru mengolah kepala ikan dengan bumbu gulai yang menjadikan kepala ikan sebagai penganan mewah!

Jika Anda berencana membuatnya jenis makanan serupa, coba saja trik dan resep racikan Chef Subardi ini. Dengan bumbu gulai, kepala ikan ini selintas mirip olahan masakan Padang. Namun, gulai kepala ikan buatan Chef Subardi ini memakai racikan ala Siungapura. Tidak pedas tetapi tetap gurih di lidah.

“Berbeda dengan masakan Padang yang umumnya berasa pedas. Gulai kepala ikan Singapura ini cabenya tidak dihaluskan, dimasukkan utuh langsung,” terang Subardi, 42. Jadi, rasanya tidak terlalu pedas. Kecuali Anda memakan cabai rawit utuh yang memang dicampurkan dalam racikan ini.

Subardi sendiri membuat sambal bawang sebagai teman sajian gulai ikan kepala ini. Rasanya sedap dan pedas. Bisa menjadi alternatif selain nyeplos cabe rawit utuh.
Perbedaan lainnya, cara mengolah kepala ikan ini. Biasanya orang memasak kepala ikan bersama bumbunya sekaligus di atas api. Bumbu tentu lebih meresap. Tetapi, Subardi memisahkan kepala ikan yang direbus dan bumbu gulai yang menyertainya.

Untuk menu ini ikan kakap dipilih karena dagingnya halus. Toh, jika tidak suka, Anda bisa menggantinya dengan kepala ikan bawal. Subardi juga memasukkan susu kental manis di antara bumbu yang dipakai. “Susu lebih menambah rasa gurih saja. Santan saja sebenarnya sudah cukup,” kata lelaki yang sudah bekerja di Bukti Darmo Golf selama tiga tahun ini.

Bahan:
350 gram kepala ikan kakap
35 gram belimbing wuluh
30 gram cabai merah
10 gram cabai rawit
70 gram buah tomat
40 gram jeruk nipis
60 gram jahe
25 gram bawang merah
25 gram bawang putih
25 gram kemiri
10 gram kunyit
10 gram serai
50 ml santan
30 ml susu kental manis
5 gram ssam kandis
4 lembar daun jeruk
Garam, gula, penyedap rasa, minyak bawang secukupnya

Membuatnya:
1.
Kepala ikan kakap dicuci bersih dengan perasan air jeruk nipis dan garam, lalu bilas dengan air bersih.

2. Kepala ikan ditaruh di atas loyang dan beri irisan jahe dan minyak lalu dikukus sampai matang (sekitar tujuh menit).

3. Haluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, cabai rawit, kemiri, dan kunyit, lalu tumis sampai harum. Tambah sedikit air dan masukkan serai, daun jeruk, irisan tomat, serta cabai rawit utuh.

4. Masukkan santan, susu kental manis, garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya sampai mendidih dan matang.

5. Siram kepala ikan yang sudah dikukus dengan kuah santan. Sajikan segera dengan nasi putih hangat.


Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

VIDEO

Pengajian Umum Ustad Muh. Zaki Indramayu | 1 Muharram 1438 H Part 3/714/07/2016

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060