Senin, 22 Oktober 2018

WTO Temukan Terobosan Lakukan Perundingan Tingkat Tinggi


EKONOMI
5 September 2009, 05:53 WIB

Cuplik.Com - New Delhi: Menteri Perdagangan India Anand Sharma pada Jumat mengatakan, negara-negara anggota Organisasi Perdagangan Bebas (WTO) telah membuat "terobosan" selama perundingan di India dan telah menyetujui untuk memulai perundingan tingkat tinggi tentang pakta perdagangan bebas dunia setelah bulan ini.

"Ada terobosan di antara para kepala negosiator di Jenewa," katanya.

Adanya pemilihan umum di negara-negara utama di AS, India dan akhir-akhir ini Jepang membuat negosiasi sulit untuk memulai lebih awal, kata para pengamat.

Disebutkannya, para kepala negosiator dari negara-negara anggota Organisasi Perdagangan Bebas (WTO) akan bertemu di Jenewa mulai 14 September.

Pada 14 september itu WTO akan memulai dan mengintensifkan pembicaraan perdagangan putaran Doha, kata Menteri perdagangan India Anand Sharma, Jumat.

Negosiasi itu akan mulai dengan basis draf teks negosiasi yang dihasilkan Desember 2008, katanya dalam dalam pernyataannya saat menyimpulkan hasil dua hari pertemuan antarmenteri perdagangan untuk mempercepat proses putaran Doha yang diselenggarakan di India.

Jalan buntu antara blok perdagangan besar dengan sengketa masalah subsidi pertanian di negara kaya dan tarif barang industri di negara berkembang telah menghentikan perundingan sebelumnya, namun di Washington dan India ada harapan baru untuk bsia mendorong proses perundingan lagi sehingga bisa sukses untuk tahun-tahun mendatang.

Putaran Doha WTO telah mulai tahun 2001 dengan tujuan menciptakan pakta perdagangan bebas baru yang akan mendorong perdagangan dunia sehingga bisa membantu negara-negara berkembang, demikian AFP dan Reuters.

Penulis : dewo
Editor : Dewo

Tag :

BERITA TERKAIT

CURHAT RAKYAT

VIDEO

LAGU TERBARU - AYU DERMAYU BINTANG PANTURA 4 - NYLUMUD BATIN22/10

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475