Jum'at, 29 Mei 2020

AS Pernah Diterjang Tsunami

AS Pernah Diterjang Tsunami

IPTEK
4 Mei 2009, 16:33 WIB
Cuplik.Com - New York - Gelombanag raksasa pernah menghantam New York pada 2.300 tahun lalu. Jika terjadi lagi, tsunami sebesar itu bisa menghantam wilayah Wall Street. Peneliti kini coba mencari tahu penyebab tsunami itu.

Penelitian dilakukan dengan verifikasi radiokarbon dan berbagai teknik lainnya.

Sisa sedimen di lebih dari 20 titik di New York dan New Jersey menunjukkan materi itu berasal dari wilayah pantai timur laut. Sedimen bisa terbang sejauh itu, kemungkinan karena badai besar. Namun bukti-bukti lebih mengarah ke tsunami langka yang terjadi di laut Atlantik.

Steven Goodbred, ilmuwan di Vanderbilt University mengatakan, bebatuan, fosil laut serta sisa-sisa lain ditemukan di wilayah itu. Agar sampai di wilayah yang sejauh itu, perlu gelombang besar.

"Jika bukan tsunami, penyebab lain adalah tornado," kata Dr Goodbred.

Asal tsunami hingga kini masih menjadi perdebatan. Gempa bawah laut diyakini sebagai sumbernya. Namun kelompok peneliti mengajukan teori lain, yakni dipicu oleh asteroid.

Pada 2.300 tahun lalu, wilayah itu masih kosong. Namun jika gelombang sebesar itu kembali menerjang, maka Wall Street dan Long Island Expressway akan penuh dengan air laut. Tsunami di laut Atlatik jarang terjadi, namun bisa dipicu oleh pergeseran bawah laut.

Neal Driscoll, geologist dari Scripps Institution of Oceanography mengatakan gempa, pergeseran bawah laut atau kombinasi keduanya bisa sebagai penyebab tsunami.

Seperti tsunami 1929 di Grand Banks Newfoundland adalah diakibatkan oleh pergeseran bawah laut serta gempa bumi.

Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

VIDEO

Kuli Ginseng PMI Korea Bagikan Sembako Gratis ke Masyarakat29/05

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461