Jum'at, 22 Februari 2019

"Defiance"; Bielski Bersaudara di Era Nazi


RAGAM
6 Februari 2009, 03:48 WIB

Cuplik.com - Bertahan hidup, atau melakukan perlawanan. Dua pilihan sulit. Terlebih pada Agustus 1941, saat pasukan Nazi menyapu bersih warga Yahudi, di Eropa Timur.

Dalam 'Defiance', sutradara Edward Zwick menolak kepasifan Yahudi dalam tragedi Holocaust. Film yang diangkat dari kisah nyata ini mengangkat cerita kepahlawanan empat bersaudara. Mereka adalah Tuvia (Daniel Craig), Zus (Liev Schreiber), Asael (Jamie Bell) dan Aron Bielski (George Mackay).

Istri, anak-anak, dan orang tua mereka habis dibantai tentara Nazi. Bielski bersaudara beruntung dapat selamat. Lolos dari maut, Tuvia -sang kakak laki-laki tertua- beserta tiga saudaranya sembunyi ke hutan. Mereka bergabung dengan sekelompok kecil pengungsi Yahudi korban kebiadaban Nazi.

Alih-alih melakukan tindakan bunuh diri menyerang Nazi, Bielski bersaudara pilih bertahan hidup. Mereka membangun perkampungan di hutan, 'satu-satunya tempat di Belarus dimana (orang Yahudi) bisa bebas'.

Kakak beradik Bielski berhasil menyelamatkan 1.200 warga Yahudi di belantara Belarus. Kampung kecil di tengah hutan Belarusia perlahan menjadi besar. Orang tua, perempuan, dan anak-anak mereka tampung di sana.

Tuvia sebagai kakak tertua Bielski bersaudara jadi tumpuan para pengungsi. Pria berjaket kulit itu pegang tampuk kepemimpinan para pengungsi Yahudi di hutan. Sebagai ketua, Tuvia pegang kendali semua aspek, mulai dari perlawanan bersenjata sampai urusan dapur.

Keberadaan Belarus tersebar begitu cepat. Warga Yahudi yang masih was-was di kota berusaha mencapainya. Bergabung dengan Tuvia Bielski dan saudara-saudaranya.

Namun menetap aman di hutan bukan pilihan semua orang. Zus Bielski (Liv Schreiber) berselisih hebat dengan sang kakak, Tuvia. Pria brewok itu beranggapan perang melawan Nazi adalah jalan yang seharusnya mereka lakukan. Zus pergi. Bergabung dengan partisan Soviet. Sementara Tuvia setia memimpin kamp.

Terlepas dari adegan perang, desingan peluru, dan balas dendam, nyawa dibayar nyawa, 'Difiance' merupakan film bergenre drama. Kisah perjuangan hidup para pengungsi di kemah hutan lebih ditonjolkan.

Dalam film berdana US$50 juta ini, penonton juga disuguhi Daniel Craig yang sesekali bicara dalam bahasa Rusia.

Penulis :
Editor :

Tag :

BERITA TERKAIT

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Ceramah Lucu Tentang Pengantin | Hj. Nining Nurhasanah Indramayu21/02/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461