Kamis, 13 Agustus 2020

Terima Dana Insentif, Pemprov Bengkulu Prioritaskan UMKM Dan Kesehatan

Terima Dana Insentif, Pemprov Bengkulu Prioritaskan UMKM Dan Kesehatan

EKONOMI
29 Juli 2020, 00:01 WIB

Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Pemrov Bengkulu Yuliswani (Cuplik.Com/Neni Lestari)

Cuplikcom - Bengkulu – Pemerintah Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat senilai 12,2 Milliar. Hal ini atas Kinerja Baik selama penanganan Covid-19. Peruntukan DID difokuskan untuk bidang kesehatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pasca Covid-19.

Dalam hal ini, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Yuliswani menyampaikan ada beberapa OPD teknis yang akan mendapatkan penyaluran DID diantaranya RSUD M. Yunus, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, serta Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Kita sedang upayakan, DID dapat segera cair pada tahap pertama yaitu bulan September mendatang. Untuk itu, OPD teknis sedang merumuskan program apa saja yang akan dilakukan berkaitan dengan penanganan Covid-19 dan segera diusulkan ke Kemenkeu. Nantinya difokuskan penerimanya para pelaku UMKM sehingga dana yang diturunkan nanti dapat berkelanjutan,” ujar Yuliswani usai rapat bersama TAPD di ruang rapat rafflesia, Selasa (28/7).

Yulis menambahkan UMKM penerima bantuan adalah seluruh usaha yang sudah memiliki omset, bukan usaha baru. Sedangkan, untuk bidang kesehatan nantinya diperuntukkan untuk pembangunan Laboratorium RSUD M.Yunus, mesin PCR serta kelengkapannya.

“Apapun usahanya boleh, asal masuk dalam kategori usaha kecil mikro dan menengah, dan syaratnya usaha tersebut sudah berjalan, jadi nanti kita dapat memberikan bantuan dari segi penambahan modal usaha, pelatihan, maupun peralatan. Terakhir, dana ini juga akan digunakan untuk pembangunan laboratorium pemeriksaan Covid-19 di RSUD M.Yunus,” jelasnya.

Sementara, Kabid anggaran BPKAD Tomi mengatakan fokus utama penyaluran dana DID adalah UMKM dan Kesehatan. Hal ini, sesuai edaran Menteri Keuangan yaitu memperkuat UMKM dan Penanganan kesehatan masyarakat.

“DID ini murni untuk penanganan Covid-19, tidak dapat dialihkan untuk ke bidang lain. Jadi, kita fokuskan untuk memperkuat UMKM, IKM, dan Kesehatan,” pungkas Tomi


Penulis : Neni Lestari
Editor : Ade Lukman

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

VIDEO

Polsek Jatibarang Lakukan Giat Dapur Umum13/08

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060