Selasa, 14 Juli 2020

Peduli Lingkungan, Peternak Ini Terapkan Konsep Zero Waste

Peduli Lingkungan, Peternak Ini Terapkan Konsep Zero Waste

EKONOMI
2 Mei 2020, 13:23 WIB

Peternak di Indramayu yang terapkan konsep zero waste (cuplikcom/ist)

Cuplikcom - Indramayu - Kelompok Ternak Terpadu (KTT) Al Hayat, yang berada di blok Karangsinom desa Karanganyar Kandanghaur Indramayu ini, menerapkan konsep ternak Zero Waste atau peternakan tanpa limbah. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Ketua KTT Al Hayat, Carwita menjelaskan, konsep Zero Waste itu hampir sama dengan konsep Integrated Farming yaitu pertanian terpadu, dimana peternak memanfaatkan seluruh hasil kegiatan produksi mulai dari hewan ternak sampai limbah yang dihasilkan.

"Para peternak memulai dari swasembada daging (hewan ternak), kemudian menghasilkan urin dan kotoran padat, limbah disitu diolah dijadikan pupuk organik baik cair maupun padat untuk tanaman, lalu dari hasil tanaman itu dijadikan makanan hewan ternak," jelas Carwita kepada Cuplikcom, Sabtu (2/5/2020).

Carwita memaparkan, dari hasil peternakan dengan sistem zero waste itu, akan banyak menghasilkan produk, contohnya dari Kambing perah, menghasilkan susu, lalu susunya dikonsumsi, dijadikan yogurt, maupun kefir. Kemudian limbahnya dijadikan pupuk untuk tanaman, dan limbah dari tanaman bisa dijadikan makanan hewan ternak. Jadi tidak ada limbah yang terbuang.

"Untuk melakukan konsep zero waste itu sebenarnya hanya dibutuhkan adanya hewan ternak, lalu dimanfaatkan kotorannya," katanya.

Langkah ini dilakukan oleh KTT Al Hayat karena banyak petani yang setiap tahunnya merugi akibat mahalnya cost produksi.

"Salah satu keuntungan konsep Zero Waste adalah minim cost produksi, karna bahan-bahnya sudah ada dari hewan ternak itu sendiri," tutur Carwita.

Carwita juga menyayangkan, jika para peternak maupun petani saat ini, menginginkan serba praktis atau instan, yakni dengan menggunakan bahan-bahan kimia dalam kegiatan produksinya. Tanpa memperhatikan efeknya bagi lingkungan maupun kesehatan.

Oleh karena itu, pihaknya mengaku siap jika ada para peternak ingin bertukar pendapat terkait peternakan konsep zero waste untuk menjaga lingkungan, dan juga meringankan biaya produksi.

"Kami pun terbuka sekali apabila ada rekan-rekan dari pegiat dunia peternakan ingin membagikan Ilmunya demi kemajuan peternakan Indramayu maupun Indonesia," tutup Carwita.


Penulis : Taufid Chaniago
Editor : Almak

Tag :

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

VIDEO

Selama 15 Tahun Menderita Lumpuh, Kodim 0616 Indramayu Berikan Kursi Roda14/07

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr