Jum'at, 29 Mei 2020

Indramayu Bisa Krisis Parah, Haji Rohman Ingatkan Pemda Soal Status KLB

Indramayu Bisa Krisis Parah, Haji Rohman Ingatkan Pemda Soal Status KLB

SOSIAL
28 Maret 2020, 19:56 WIB

Ketua Fraksi PDI Perjuangan Indramayu, H Abdul Rohman SE MM (cuplikcom/ist)

Cuplikcom - Indramayu - Menyikapi kebijakan Pemda Indramayu yang menerapakan status KLB (Kondisi Luar Biasa) terkait Covid-19, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Indramayu H Abdul Rohman mengingatkan bahwa kebijakan yang tak pikirkan kepentingan rakyat banyak secara komprehensif dan terlalu dini bisa membuat Indramayu terjadi krisis parah.

"Saya perlu mengingatkan. Ada yang harus dipikirkan oleh Pemerintah daerah terutama dampak ekonomi, dengan laju pertumbuhan ekonomi Indramayu yang di bawah 1,5 persen ini bisa menimbulkan krisis ekonomi luar biasa di Indramayu," ujar Haji Rohman kepada cuplikcom, Sabtu (28/3/2020).

Hal itu ia ungkapkan dalam menuyikapi adanya rencana Pemda Indramayu meningkatkan status tanggap darurat bencana meningkat menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) covid-19.

Meski begitu, Abdul Rohman memahami terkait penetapan kebijakan tersebut merupakan kewenangan kepala daerah, namun setidaknya perlu memaksimalkan lebih serius lagi terkait status tanggap darurat yang sebelumnya dianggap tidak total.

"Jumlah penderita baru dalam satu bulan menunjukkan kenaikan 2 kali lipat atau lebih bila dibandingkan dengan angka rata-rata perbulan dalam tahun sebelumnya, intinya di Kabupaten Indramayu belum bisa kalau dikatagorikan masuk ke Kejadian Luar Biasa," jelasnya.

Ia menjelaskan, kriteria tentang status Kejadian Luar Biasa (KLB) mengacu pada Keputusan Dirjen No. 451/91, tentang Pedoman Penyelidikan dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa.

Menurut aturan itu, suatu kejadian dinyatakan luar biasa jika ada unsur diantaranya, timbulnya suatu penyakit menular yang sebelumnya tidak ada atau tidak dikenal, peningkatan kejadian penyakit atau kematian terus-menerus selama 3 kurun waktu berturut-turut menurut jenis penyakitnya (jam, hari, minggu), peningkatan kejadian penyakit/kematian 2 kali lipat atau lebih dibandingkan dengan periode sebelumnya (jam, hari, minggu, bulan, tahun).

"Dari data yang disampaikan oleh gugus tugas percepatan pengendalian covid-19 Kabupaten Indramayu belum menunjukan progres yang berarti, simpang-siur pasien yang meninggal di RS Mitra Plumbon Widasari kan belum positif kena virus Covid-19,” terangnya.

Sehingga ia ingatkan Pemda Indramayu agar memahami dan cerdas dalam mengambil kebijakan dalam menghadapi penanganan Covid-19, mengacu pada instruksi presiden Jokowi bahwa musuh saat ini ada dua yaitu melawan Covid-19 dan melawan adanya upaya pelemahan ekonomi.

"Jadi tolong, lihatlah Indramayu, lihatlah rakyat Indramayu secara komprehensif. Cegah penyebaran virus iya harus, tapi lihat perut wong Indramayu juga perlu dipertimbangkan," pungkasnya.


Penulis : Gustiawan
Editor : Almak

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

VIDEO

Lagu Terbaru - Ayu Dermayu Bintang Pantura 4 - Nylumud Batin29/05/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN