Kamis, 4 Juni 2020

Korkab PKH: Penentu Data BPNT Tanggungjawab TKSK dan Dinsos Indramayu Bukan Pendamping PKH

Korkab PKH: Penentu Data BPNT Tanggungjawab TKSK dan Dinsos Indramayu Bukan Pendamping PKH

SOSIAL
23 Maret 2020, 20:22 WIB

Supriyatin, Korkab PKH Indramayu (cuplikcom/ist)

Cuplikcom - Indramayu - Koordinator Kabupaten (Korkab) Program Keluarga Harapan (PKH) Indramayu Supriyatin menegaskan, terkait masalah penentuan data penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan tanggungjawab dari Dinas Sosial Indramayu melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan bukan urusan Pendamping PKH.

"Kalau BPNT itu bukan tanggung jawab pendamping PKH. Pendamping PKH hanya pelaksana, bukan penyaji data," jelas Atin, sapaan akrabnya, kepada Cuplikcom, Senin (23/3/2020).

Hal itu diungkapkan atas tanggapannya terhadap salah satu warga miskin di desa Sukadadi kecamatan Arahan Indramayu yang tinggal di gubuk bambu, sampai kini belum dapat program BPNT, hinga membuat kuwu Sukadadi turun tangan dan sukarela membantu secara pribadi untuk membantu warga tersebut. (Baca: Warga Miskin Tak Dapat BPNT, Kuwu Pertanyakan Kinerja Pendamping PKH Dinas Sosial Indramayu)

Cara Usulkan Warga Miskin Dapat BPNT

Meski begitu, Atin yang juga menjadi ketua Fatayat NU Indramayu ini menjelaskan, terkait persoalan adanya warga miskin yang tidak mendapatkan BPNT, ia menyarankan agar pemerintah desa melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk mengidentifikasi para warga miskin, kemudian hasilnya diusulkan ke Dinas Sosial Indramayu melalui TKSK yang sudah dibentuk satu orang per kecamatan.

Selanjutnya, data yang sudah masuk kemudian diinput ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan divalidasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

"Kalau masih banyak warga miskin yang tidak dapat Bansos, maka desa harus Musdes dan usulkan masuk DTKS melalui dinsos. Petugasnya adalah TKSK," terang Atin.

Selain itu, Atin juga mengingatkan bahwa saat ini Pemda Indramayu melalui Dinas Sosial beberapa waktu lalu sedang merekrut para pendata untuk mendata ulang para fakir miskin di Indramayu untuk sosialiasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan (PDDK). (Baca: Dinsos Gelar Sosialisasi Soal Pendataan Ulang Warga Penerima Bantuan)

Menurut Atin Pemerintah Desa diharapkan memastikan warganya yang miskin, datanya masuk dalam sensus tersebut.

"Iya sekarang lagi ada sensus PDDK. Nah di situ pastikan orang tersebut masuk," pungkasnya.


Penulis : Andrian Supendi
Editor : Almak

CURHAT RAKYAT

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Aksi Bebaskan Rusmini, Sekjen SBMI Diciduk Polisi di Kedubes Arab Saudi4/06/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN