Selasa, 26 Mei 2020

Akibat Ilegal, SBMI: Sponsor Harus Bayar Asuransi Kuraesin yang Gagal


SOSIAL
7 Maret 2020, 22:58 WIB

Jenazah Kuraesin tiba di rumah (Cuplikcom/papoh)

Cuplikcom - Indramayu - Besaran santunan apa bila seorang PMI meninggal dunia di luar negeri yang harus diterima oleh ahli warisnya yaitu sebesar Rp. 85 juta, apabila pekerja migran tersebut bekerja pada perseorangan (PRT) maka ada tambahan santunan kematian sebesar Rp. 23 juta, santunan berkala dan santunan pemakaman. Jadi ahli waris mendapatkan total Rp. 108 juta.

Hal tersebut disampaikan ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu saat ditemui di kantornya di Blok Sukamelang, Desa Krasak Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Sabtu (07/03/2020).

"Karena almarhumah diberangkatkan secara unprosedural/ilegal ke Arab Saudi oleh pihak sponsor atau pihak perekrut akibatnya ahli waris dari Kuraesin tidak mendapatkan uang santunan sebesar Rp 108 juta dari BPJS Ketenagakerjaan," ucap ketua SBMI Cabang Indramayu.

Kata Juwarih, apabila almarhumah direkrut dan diberangkatkan secara prosedural atau legal/resmi secara otomatis yang bersangkutan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Jaminan Sosial Pekerja Migran Indonesia.

"Dalam Permenaker tersebut dijelaskan manfaat program Jaminan Kematian (JKM) bagi Pekerja Migran Indonesia yang meninggal dunia saat berada di Luar Negeri dari BPJS Ketenagakerjaan," jelas Juwarih.

Terkait permasalahan almarhumah Kuraesin yang direkrut dan ditempatkan secara uprosedural ke Arab Saudi oleh pihak perekrut menurut Juwarih keluarga atau ahli waris sudah dirugikan oleh pihak sponsor karena tidak mendapatkan uang santunan dari BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp 108 juta.

"Apabila permasalahan ini tidak dibawa ke ranah hukum pidana seharusnya ahli waris diberi kompensasi dari pihak perekrut sebesar Rp 108 juta," pungkasnya.

Diketahui, almarhumah Kuraesin menjadi PMI unprosedural/ilegal ke Arab Saudi direkrut oleh Idah, calo atau sponsor warga Blok III, RT. 003, RW. 004, Desa Tinumpuk, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu.

Dari Idah, diserahkan Rini, sponsor warga Blok Sukamulya, RT. 002, RW. 001, Desa Sendang, Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Oleh Rini, Kuraesin dilimpahkan ke perekrut yang di Jakarta bernama Nadia, sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi, oleh Nadia, almarhumah di tempatkan di penampuang daerah Kramat Jati, Jakarta Timur.

Setelah dua Minggu berada di tempat penampungan kemudian pada pada 5 November 2019 oleh Nadia, Kuraesin secara unprosedural diberangkatkan dari Bandara Soekarno - Hatta menuju Singapura, dari Singapura kemudian ke Arab Saudi.

Dua bulan bekerja di Arab Saudi, almarhumah gonta ganti majikan sebanyak 5 kali, sehingga membuat dirinya ingin pulang karena apa yang dijanjikan oleh pihak perekrut kenyataannya tidak sesuai dengan yang ia alami saat bekerja di Arab Saudi.


Penulis :
Editor : Didi Rahadi

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

VIDEO

Pengajian Walimatul 'Ursy KH. Saeful Bahri (Baridinan) dari Cirebon | Part 1/326/05/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475