Selasa, 26 Mei 2020

Banjir di Desa Dukuh Indramayu Diduga Akibat Maraknya Bangunan Liar


SOSIAL
5 Maret 2020, 16:09 WIB

Salah satu diduga bangunan liar penyebab banjir di Dukuh (cuplikcom/andrian)

Cuplikcom - Indramayu - Salah satu penyebab terjadinya banjir di Desa Dukuh Kecamatan Indramayu diduga akibat maraknya bangunan liar yang berdiri di bantaran sungai Cimanuk. Menurut Pemdes setempat ada sekitar 30 bangunan liar.

Hal itu dikeluhkan Masyarakat sekitar yang terkena dampak banjir akibat luapan air sungai Cimanuk, yang hari ini volume airnya meningkat sampai melebihi batas tanggul hingga menggenang pemukiman warga Desa Dukuh, Indramayu, Kamis (5/3/2020).

Warga setempat, Aman, mengatakan, salah satu bangunan liar merupakan pabrik krupuk yang berdiri hampir setengah dari luas sungai Cimanuk tersebut.

"Jadi air itu tersumbat, menghantam bangunan, karna derasnya arus air tersebut kemudian berbelok ke pemukiman," terang Aman.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kuwu Desa Dukuh Asmanto, faktor terbesar terjadinya banjir di Desa Dukuh salah satunya Bangunan liar tersebut, dikarenakan bangunan tersebut berdiri hampir setengah sungai Cimanuk.

"Gudang-gudang kerupukkan sudah berada di tengah-tengah sungai Cimanuk, dan menurut saya hal tersebut faktor terbesar terjadinya banjir, kalau bangunan tersebut tidak dibereskan sampai kapanpun kejadiannya akan seperti ini," jelas Asmanto.

BPD Dukuh Carpandi juga mengatakan, harus ada penanggulangan di Desa Dukuh, menurutnya yang paling utama dalam menanggulangi banjir di desanya adalah netralisasi sungai sebagai solusi utama.

"Bangunan yang sudah benar-benar paten dan permanen sudah lebih dari 30 bangunan, itulah yang menghambat laju air," tegas Carpandi.

Pihaknya berharap, pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat harus ada tindakan untuk menetralisasi sungai Cimanuk tersebut.

"Bukan berarti kita tiap desa harus ngeluarin anggaran untuk bikin tanggulan-tanggulan, itu hanya selogan kosong," tambah Carpandi.


Penulis : Andrian Supendi
Editor : Almak

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

VIDEO

Aksi Bebaskan Rusmini, Sekjen SBMI Diciduk Polisi di Kedubes Arab Saudi26/05/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475