Jum'at, 29 Mei 2020

Carsa ES Divonis 2 Tahun 6 Bulan Penjara dan Denda Rp 200 Juta

Carsa ES Divonis 2 Tahun 6 Bulan Penjara dan Denda Rp 200 Juta

HUKUM
5 Maret 2020, 00:51 WIB

Carsa ES, penyuap bupati Indramayu divonis dua tahun enam bulan penjara. (internet)

Cuplikcom - Bandung - Carsa ES, penyuap bupati Indramayu divonis dua tahun enam bulan penjara dalam sidang putusan yang digelar di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu, 4 Maret 2020. Ia terbukti bersalah memberi suap pada Bupati Indramayu Supendi sebesar Rp3,6 miliar untuk melancarkan proyek infrastruktur di Pemkab Indramayu. 

Selain tuntutan penjara, Carsa juga dikenakan denda Rp 200 juta dan bila tidak dibayar diganti dengan kurungan tiga buan penjara. Putusan yang dibacakan hakim ketua I Dewa GD Suarditha sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi.

Dalam amar putusannya, hakim Dewa menyatakan terdakwa terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi, sebagaimana diatur dalam pasal 5 ayat (1) huruf a UU Tindak Pidana Korupsi sebagaimana dakwaan kesatu.

Atas putusan tersebut, Carsa ES dan kuasa hukumnya langsung menerima. Sementara JPU KPK masih pikir-pikir terlebih dulu, dengan alasan harus melaporkan hasil persidangan ke pimpinan KPK. 

Dewa menjelaskan, pada Januari 2019 hingga Oktober 2019 Carsa telah melakukan beberapa perbuatan yang harus dipandang sebagai perbuatan yang berdiri sendiri sehingga merupakan kejahatan, baik memberi atau menjanjikan sesuatu. 

Menurutnya, suap diberikan dengan maksud agar Supendi memberikan pekerjaan di lingkungan Pemkab Indramayu kepada terdakwa. Pekerjaan yang dimaksud yaitu proyek infrastruktur di bawah Dinas PUPR Kabupaten Indramayu.

Carsa memberikan uang kepada Bupati Indramayu Supendi Rp 3,6 miliar, Kadis PUPR Indramayu Omarsyah Rp 2,4 miliar, dan Kabid Jalan PUPR Indramayu  Wempi Triyoso Rp 480 juta.

Semua pemberian dilakukan Carsa kepada para pejabat negara itu dimaksudkan agar dirinya mendapatkan proyek pekerjaan di lingkungan Pemkab Indramayu.

Sementara pemberian kepada anggota DPRD Jabar Abdul Rozaq Muslim oleh Carsa sebesar Rp 8,5 miliar, dimaksudkan agar Abdul Rozak Muslim membantu dalam proses penganggaran setiap pekerjaan di Kabupaten Indramayu yang bersumber dari bantuan provinsi (Banprov).


Penulis : Khafif Sirojuddin
Editor : Didi Rahadi

CURHAT RAKYAT

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

VIDEO

Tengdung Unik PENGANTEN BARU 2020 | New CUPLIKA29/05

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060