Jum'at, 29 Mei 2020

Dinsos Gelar Sosialisasi Soal Pendataan Ulang Warga Penerima Bantuan

Dinsos Gelar Sosialisasi Soal Pendataan Ulang Warga Penerima Bantuan

SOSIAL
18 Februari 2020, 21:21 WIB

Sebanyak 337 Calon Pendata ikuti Sosialisasi Pendataan PMKS oleh Dinsos Indramayu (cuplikcom/nad)

Cuplikcom - Indramayu - Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten Indramayu gelar sosialisasi ke 337 para calon pendata, terkait pendataan ulang warga yang mendapat bantuan pemerintah atau disebut Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Hal itu dilakukan karena data yang benar-benar valid selalu diminta oleh pemerintah pusat.

Kegiatan Sosialisasi Pendataan PMKS tersebut diselenggarakan oleh Dinas Sosial Indramayu, dihadiri juga Plt Bupati Indramayu dan Badan Pusat Statistik (BPS) Indramayu, di gedung PGRI Indramayu, Selasa (18/2/2020).

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Indramayu, Atu Ikaputri, memaparkan, pelaksanaan kegiatan Sosialisasi PMKS difokuskan pada pendataan para penerima manfaat bantuan dari pemerintah. Pendataan tersebut mengacu pada PP Nomor 02 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal.

"Sejauh ini dengan anggaran yang ada pemerintah telah mendata dua zona dari total tiga zona. Yaitu zona 1 dan zona 2. Pada zona 1 terdapat 7 kecamatan dan zona 2 terdapat 10 kecamatan, jika di total terdapat 180 desa dan dibagi perdesa memiliki 2 orang perwakilan untuk mendata dan perkecamatan 1 oprator sebagai kiordinator," papar Atu.

Atu menjelaskan ruang lingkup PMKS adalah perseorangan, keluarga, kelompok, dan atau masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan yang karenanya tidak dapat menjalin hubungan yang serasi dan kreatif dengan lingkungannya, melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga tidak dapat terpenuhi kebutuhan hidupnya, baik jasmani, rohani, maupun sosial secara memadai dan wajar.

Sehingga, lanjut Atu, harapan dari kegiatan ini adalah agar mulai dari pendataan sampai dengan menghasilkan data yang valid, dan bertujuan untuk mencari akurasi dari data yang diterima.

"Dinas Sosial melakukan pendataan saja untuk saat ini. Sebenarnya kita banyak tugasnya Cuma karna gereget jeh masalah pendataan ini. Data ini terus dipantau dan diminta oleh pemerintah pusat," kata Atu. 

Oleh karenanya, pihak Dinsos Indramayu berharap agar masyarakat dapat menyikapi dengan bijak terhadap para PMKS dan juga dapat memanfaatkan potensi-potensi kesejahteraan sosial.

"Nanti kita akan memiliki data terhadap PMKS Indramayu. Ini baru kloter pertama masih ada kloter kedua agar kita bisa melakukan pendataan secara menyeluruh," tandasnya.


Penulis : Siti Raudiatul Nadiyah
Editor : Almak

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

VIDEO

Pengajian Umum Ustad Muh. Zaki Indramayu | 1 Muharram 1438 H Part 3/729/05/2016

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN