Senin, 17 Februari 2020

Bertekad Majukan Pariwisata Pulau Buru, Pengurus Prawita – Genppari Dilantik


RAGAM
14 Februari 2020, 13:43 WIB

Dede Farhan Aulawi melantik di Kabupaten Buru. (Foto: Istimewa)

Cuplikcom - Pariwisata adalah sektor unggulan yang dimiliki oleh negara Indonesia. Kekayaan dan keragaman potensinya sungguh sangat luar biasa. Setiap daerah dan wilayah memiliki keunggulannya masing – masing, namun semua belum diberdayakan secara maksimal demi kepentingan bangsa dan negara.

Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, seandainya 1% saja, atau sekitar 170 pulau dikembangkan sebagai destinasi wisata, maka pendapatan negara akan semakin meningkat.

Begitupun dengan kesejahteraan masyarakat diyakini akan meningkat juga, karena sektor pariwisata bisa menjadi trigger untuk menggerakan sektor ekonomi masyarakat yang lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Pegiat Ragam Wisata Nusantara (PRAWITA) – GENPPARI Dede Farhan Aulawi, di pulau Buru baru-baru ini, ketika melantik dan mengukuhkan pengurus DPD PRAWITA – GENPPARI Kabupaten Buru.

Dirinya juga mengulas panjang lebar kenapa masyarakat Indonesia perlu digerakkan untuk mendukung kemajuan pariwisata Indonesia, sampai lahirnya organisasi yang secara intens terus menyuarakan dengan karya nyata berbagai terobosan dan inovasi kepariwisataan.

Dede juga menambahkan bahwa sektor kepariwisataan tidak hanya bersifat rekreatif saja, tetapi juga harus bersifat edukatif, kreatif, produktif dan prospektif. Jika hanya bicara unsur rekreatif, kesannya pariwisata itu hanya konsumtif dan buang – buang uang saja.

"Padahal wisata pun sesungguhnya bisa bersifat edukatif, yaitu memberi pengetahuan, wawasan dan keterampilan masyarakat sesuai dengan bidang peminatan masing – masing," paparnya.

"Dalam penggalian sumber dan potensi wisata menjadi destinasi wisata, tentu juga harus kreatif agar masyarakat mau mengunjungi lokasi tersebut. Ini bukan hanya bicara soal penataan lokasi wisata saja, melainkan juga pengembangan objek, kemasan dan strategi pemasarannya," ungkapnya.

Kemudian terkait sifat yang produktif, pada dasarnya Dede berharap bahwa segenap pengurus bisa melakukan transformasi alam dari sesuatu yang tidak produktif menjadi produktif.

Misalnya dalam pengembangan wisata agro, bagaimana mengolah lahan – lahan tidur menjadi lahan yang produktif. Dirinya berharap agar setiap jengkal tanah Indonesia menjadi lahan produktif yang bisa memberikan nilai ekonomi pada masyarakatnya agar kesejahteraan mereka semakin meningkat. Harap Dede dengan penuh optimis.

Apalagi di pulau Buru ini banyak sekali spot wisata yang sangat menarik, seperti Pantai JIKUMERASA NAMLEA, Pantai TELAGA, Pantai RATU, DUSUN WARUJAWA, Pantai LALA, WATERFALL WAEURA, BUKIT TATANGGO, KAYELI COUNTRY, BUKIT DUSUN WATAMPULI, Danau Rana, dan lain – lain.

Ini belum termasuk pengembangan wisata edukasi minyak kayu putih, budi daya ternak lebah, dan sebagainya.


“Dan terakhir jangan melupakan sifat yang prospektif, artinya setiap ide – ide brilian itu juga harus memperhatikan nilai – nilai ekonomi yang memberikan nilai tambah yang positif. Jika tidak ada prospek yang baik, mana ada investor yang mau menanamkan uangnya di sektor kepariwisataan," jelasnya.

"Jadi kajian kelayakan secara ekonomis juga menjadi sangat penting sekali. Silakan lakukan analisis secara komprehensif agar investor semakin bergairah untuk menggerakan sektor wisata sebagai bidang pilihan ivestasinya. Tentu bukan semata – mata berorientasi ekonomi saja, tetapi jika bisa dipadukan tentu akan menjadi semakin baik," tutupnya.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Aksi Warga Indramayu Usut Dugaan Korupsi Yance di Kejagung17/02/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683