Kamis, 2 Juli 2020

Kompolnas RI Kunjungi Ditpolair Polda Maluku Periksa Kesiapan Kapal

Kompolnas RI Kunjungi Ditpolair Polda Maluku Periksa Kesiapan Kapal

HUKUM
9 Februari 2020, 20:29 WIB

Kompolnas RI Dede Farhan Aulawi didampingi oleh Brigjend. Pol. Yehu Wangsajaya mengunjungi Markas Ko (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Maluku - Dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 ini, Polri kembali akan melaksanakan tugas pengamanan agar pilkada yang diselenggarakan di bebeberapa daerah berlangsung dengan aman, damai dan kondusif.

Masing – masing satker di Polri akan bekerja semaksimal mungkin melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya. Tak terkecuali satuan kerja Polisi Perairan yang akan bertugas dalam mengawal dan mengamankan kotak suara dan surat suara ke berbagai wilayah kepulauan yang ada di Maluku.

Apalagi sekitar 93% wilayah Maluku ini adalah wilayah perairan, maka sarana transportasi akan banyak menggunakan perairan.

Mengingat strategisnya fungsi polair tersebut, Komisioner Kompolnas RI Dede Farhan Aulawi didampingi oleh Brigjend. Pol. Yehu Wangsajaya mengunjungi Markas Komando Polair Maluku, Kamis (6/2/2020) lalu.

Pada kesempatan tersebut Tim Kompolnas diterima langsung oleh Dirpolair, Wadir Polair dan seluruh jajaran pejabat utamanya. 

Dalam sambutannya Dede Farhan Aulawi menjelaskan maksud dan tujuan dari kunjungan kerja tersebut, yaitu guna memastikan bahwa sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Polair siap untuk bertugas dalam pengamanan pilkada serentak tahun 2020.

Di samping itu Dede juga ingin memastikan bahwa sarana kapal yang dimiliki dalam kondisi siap dan layak operasi. Termasuk dilengkapi dengan peralatan keamanan dan keselamatan.

Merujuk pada pengetahuan dan pengalamannya selama ini, Dede menguraikan panjang lebar terkait berbagai ketentuan yang harus dipenuhi dalam persyaratan international menyangkut keselamatan pengoperasian kapal, baik yang ditetapkan oleh International Maritim Organization (IMO) maupun International Safety Maritime (ISM).

Klausul – klausul terkait safety management system banyak dikupas karena Kompolnas sangat berharap bahwa dalam pelaksanaan tugasnya, seluruh personil Polri bisa kembali ke tengah keluarganya dalam kondisi selamat.

“Perairan Indonesia itu sangat luas, dan kondisi cuaca juga seringkali menyebabkan kondisi laut kurang bersahabat, misalnya gelombang tinggi, atau badai. Oleh karena itu, di samping pemenuhan kekuatan personil secara kuantitatif dan kualitatif, Kompolnas berharap kondisi kapalnya pun siapoperasi dan dilengkapi berbagai peralatan keselamatan," ujar Dede.

Terkait hal tersebut, setelah menyampaikan paparan Tim Kompolnas juga menaiki kapal dan sekaligus memeriksa kondisi kapal, sampai ke ruang mesin. Di sana Dede berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada seluruh personil kapal agar sungguh – sungguh mematuhi segala ketentuan yang berkaitan dengan keselamatan perairan.

Kalibrasi alat ukur, fungsi alat komunikasi, vibrasi dan noise di ruang mesin menjadi salah satu objek yang menjadi perhatian. 

“Fungsi pengawasan yang dilakukan oleh Kompolnas kepada Polri tidak ditujukan untuk mencari – cari kesalahan polisi, tapi justru memberikan bimbingan langsung yang solutif terhadap kekurangan yang ada sesuai dengan amanah konstitusi, yaitu untuk mewujudkan Polri yang Profesional dan Mandiri," kata dia.

"Dan dari waktu ke waktu, Polri menunjukkan perubahan yang signifikan menuju Polri yang lebih baik. Tidak ada organisasi yang sempurna, melainkan harus ada keinginan untuk terus melakukan perbaikan secara berkesinambungan," tutupnya.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

VIDEO

Ini Kronologi PDP Corona Meninggal di Indramayu2/07

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr