Kamis, 9 Juli 2020

Prawita-Genppari Keluarkan Terobosan Wisata Pertanian G-Ponik

Prawita-Genppari Keluarkan Terobosan Wisata Pertanian G-Ponik

RAGAM
9 Februari 2020, 20:14 WIB

Prawita-Genppari Keluarkan Terobosan Wisata Pertanian G-Ponik (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Berwisata merupakan hak dasar manusia untuk bisa menikmati keindahan alam sesuai dengan peminatan dan kemampuan masing – masing. Mungkin ada yang minat dengan keindahan alam, seperti pantai, gunung, dan sebagainya.

Ada juga yang memiliki peminatan di bidang wisata sejarah, budaya, seni, kuliner dan lain – lain. Secara umum berwisata juga sering diidentikan dengan pengeluaran uang hanya untuk bersenang – senang, padahal tidak semua bentuk wisata seperti itu.

Hal ini terungkap dalam dialog antara Ketua Umum Pegiat Ragam Wisata Nusantara (PRAWITA-GENPPARI) Dede Farhan Aulawi, yang ditemui media pada hari Minggu 9 Februari 2020.

Menurutnya berwisata itu di samping bersifat rekreatif, juga bisa dimodifikasi menjadi bersifat edukatif dan produktif. Dalam hal ini tentu sudah banyak sekali terobosan yang dilakukan oleh organisasi, salah satu bentuk yang terbaru adalah lahirnya konsep Penggerak Ketahanan Pangan Nasional (PAKET PANAS) yang bernama G-Ponik.

Selanjutnya Dede juga menambahkan bahwa konsep G-ponik pada dasarnya memadukan 3 karakter wisata dalam satu paket, yaitu rekreatif, edukatif dan produktif. Di sebut rekreatif karena didalamnya ada unsur kesenangan yang sesuai dengan peminatan dalam bidang agro, khususnya pertanian beras dan perikanan.

Bersifat edukatif karena di dalamnya banyak unsur pendidikan dan pengetahuan dalam tata kelola pertanian dan perikanan yang efisien. Ikan tentu memerlukan makanan dan zat lainnya untuk menghasilkan tenaga, mengganti sel-sel yang rusak, membangun tubuh, dan mendukung perkembangbiakannya. Zat yang dibutuhkan ikan di antaranya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. 

“ Misalnya, ikan juga membutuhkan protein dibutuhkan sebagai sumber tenaga dan zat pengatur pertumbuhan, dan juga sumber utama pembentukan tenaga. Dimana besar kebutuhannya dipengaruhi faktor – faktor seperti jenis ikan, ukuran Ikan, umur Ikan, suhu air, keberadaan pakan alami seperti plankton dan zooplankton, serta kandungan energi yang dapat dicerna oleh ikan. Ini semua akan dipelajari lebih detail saat melakukan rekreasi edukatif tersebut," jelas Dede.

Contoh lainnya adalah tingkat kebutuhan mineral yang dibutuhkan oleh ikan yang akan digunakan untuk membentuk jaringan tubuh, membantu proses metabolisme dan mempertahankan keseimbangan osmosis.

Adapun fungsi utama mineral tersebut sebagai fungsi struktural (membentuk tulang, sisik dan gigi), pernapasan (pembentukan hemoglobin) dan metabolisme. Pada ikan yang dibudidayakan, pemberian pakan yang tidak seimbang dapat menyebabkan kekurangan mineral, dan akhirnya dapat berakibat pada ikan yang mudah terserang penyakit dan pertumbuhannya terganggu.

Sementara dikatakan produktif, karena konsep G-Ponik dalam Paket Panas-nya GENPPARI adalah memanfaatkan dan mengolah setiap senti lahan tidur dan nganggur, diolah menjadi lahan produktif yang bernilai ekonomis.

Di era persaingan yang sangat ketat seperti sekarang ini, terobosan dan kejelian dalam melihat setiap peluang sangat penting. Setiap orang akan diasah keterampilan dan nalar berfikirnya agar memiliki ketajaman instink untuk menguak tabir problematika pangan di masa depan. 

“Kisah pilu beratnya masa depan kebutuhan pangan, tidak bisa diselesaikan hanya dengan meratapi nasib dan mengalirkan air mata belas kasih. Beratnya masa depan harus difikirkan dengan desain holistik dalam merangkai Sistem Arsitektur Pangan Nasional sebagaimana digagas oleh GENPPARI dengan konsep G-ponik nya," tutup Dede.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

VIDEO

PSBB diterapkan, Pemkab Indramayu sekat jalan di tengah Kota9/07

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726