Jum'at, 10 Juli 2020

MELESTARIKAN, MEMAHAMI, DAN MENGAMALKAN NILAI LUHUR BUDAYA SUNDA

MELESTARIKAN, MEMAHAMI, DAN MENGAMALKAN NILAI LUHUR BUDAYA SUNDA

OPINI
20 Januari 2020, 07:34 WIB

Dede Farhan Aulawi. (Foto: istimewa)

Oleh : Dede Farhan Aulawi
(Budayawan Sunda)

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari belasan ribu pulau. Tiap pulau atau daerah tentu memiliki beragam suku, bahasa dan budaya yang berbeda – beda. Termasuk suku Sunda yang menempati pulau Jawa bagian barat, atau biasa disebut Jawa Barat tentu memiliki budaya yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Setiap masyarakat tentu memiliki keinginan untuk melestarikan nilai – nilai luhur budaya yang ada di daerahnya masing – masing. Itu semua tentu sah – sah saja.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), budaya diartikan sebagai pikiran akal budi atau adat-istiadat. Secara tata bahasa pengertian kebudayaan diturunkan dari kata budaya yang cenderung menunjuk pada pola pikir manusia. Budaya merupakan salah satu cara hidup yang terus berkembang dan dimiliki bersama oleh suatu kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya.

Jadi ketika berbicara budaya Sunda, artinya kita berbicara tentang akal budi dan adat istiadat yang ada di masyarakat Sunda. 

Ruang lingkup unsur-unsur dalam suatu budaya meliputi perilaku, gaya berpakaian, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat, kepercayaan dan tradisi. Dengan demikian kalau kita berbicara soal budaya Sunda tentu ruang lingkupnya sangat luas, dan pasti tidak selesai hanya dengan penjelasan satu atau dua halaman saja.

Nah pada kesempatan ini, tentu hanya akan membahas sebagian kecil yang ada dalam budaya Sunda, yaitu yang berkaitan dengan karakter.

Karakter masyarakat Sunda yang khas ini seringkali manjadi jargon – jargon saat kampanye, sebagai metode jualan untuk meraih dan merangkul suara dari masyarakat. Karakter yang mendasari karakter orang sunda adalah Cageur (sehat), Bageur (baik), Bener (jujur), Singer (waspada), dan Pinter (pintar). 

Cageur (sehat) bisa diterjemahkan sehat jasmani dan rohani, sehat badan dan pikiran, sehat di dalam berbuat dan bertindak, sehat untuk menjaga ucapan dan perbuatan. Bageur (baik), senantiasa mengasihi dan menyayangi terhadap sesama, bukan hanya pada manusia tetapi juga pada alam sekitar termasuk hewan dan tumbuhan.

Keseimbangandan kelestarian alam harus benar – benar dijaga agar tercipta harmoni dengan alam semesta. Dalam keseharian hidupnya ramah, sopan, dan lemah lembut serta religius. Bener (jujur), tidak bohong, tidak khianat dan bisa menjaga amanat.

Amanat itu mudah untuk diucapkan tetapi menjalankannya tidaklah mudah, meskipun sebelumnya pernah disumpah. Hidupnya tidak egois, tetapipeduli pada sesama sesuai dengan ajaran silih asah, silih asih jeung silih asuh.

Singer (waspada) memiliki makna selalu mawas diri, mengerti dalam tugas dan kewajiban, mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi, menghormati dan menghargai perbedaan, dan toleran. Pinter (pintar/pandai), kaya dengan ilmu, keterampilandan perilaku.

Bukan saja ilmu tentang keduniawian, tetapi juga ilmu sebagai bekal di akhirat kelak. Artinya ada keseimbangan untuk meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Jadi saripati ajaran Sunda ini tergambar dalam ajaran – ajaran pembentukan karakter yang bersumber dari ajaran agama. Oleh karena itu, ajaran Sunda sesuai dengan ajaran Islam dan sejalan dengan nilai – nilai Pancasila. Dengan demikian maka pelestarian budaya Sunda menjadi sangat penting untuk dipahami dan diamalkan karena nilai – nilai tidak bertentangan dengan ajaran agama maupun ideologi Pancasila.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

VIDEO

(1/7) Misteri Kali Rentang, Ki Jaka Bajul Jatisawit | Sandiwara Candra Sari | 20179/07/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060