Senin, 6 April 2020

Pemkab Indramayu Berikan Pembinaan Kader Posyandu


SOSIAL
10 Januari 2020, 19:13 WIB

Pembinaan Kader Posyandu di Pendopo Indramayu (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Pelaksana Tugas Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat berkomitmen akan terus mendorong segala kegiatan inovasi para kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kabupaten Indramayu. Mengingat Posyandu memiliki tugas yang multifungsi guna memberdayakan masyarakat.

“Sekarang para kader Posyandu sudah memiliki tugas yang multifungsi di berbagai kegiatan, maka di awal tahun 2020 ini akan saya terus dukung dalam upaya menyamakan persepsi untuk mempersiapkan langkah-langkah kerja pemberdayaan masyarakat,” katanya dalam rangka Pembinaan Kader Posyandu di Pendopo Indramayu, Kamis (9/1/2020).

Dalam kesempatan itu Kang Taufik sapaan akrabnya menjelaskan, peran Posyandu dalam kesehatan masyarakat sangat sentral. Pasalnya, Posyandu adalah penunjang percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Balita (AKB) serta Angka Kematikan Anak Balita (AKABA) di Indramayu.

“Peran Posyandu ini menjadi sentral, karena dalam upaya menurunkan AKI dan AKB serta AKABA di Indramayu yang saat ini masih tingggi. Semoga saja dengan adanya dukungan dari Pemkab Indramayu tahun 2020 bisa menurun,” jelasnya.

Ia berharap, semua stakeholder dapat bersinergi dengan Posyandu untuk mewujudkan dan mendorong Posyandu yang multifungsi dalam mencegah dan menurunkan permasalahan masyarakat desa di Kabupaten Indramayu.

Disamping itu, Pemkab Indramayu akan menunjuk Desa Kongsijaya sebagai Juara Lomba Posyandu tingkat Kabupaten Indramayu sebagai desa pilot project implementasi program pemberdayaan masyarakat.

“Saya sampaikan Desa Kongsijaya akan menjadi desa pilot project program pemberdayaan masyarakat, seperti penyediaan jamban sebagai upaya bebas dari buang air besar sembarangan,  dan program Penurunan Stunting, Rutilahu, Penaggulangan Gizi Kelompok Rawan Melalui PMT Pemulihan, PMT Balita Kurus dan PMT Ibu Hamil,”  harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu Sugeng Heryanto mengungkapkan, jumlah Posyandu di Indramayu  saat ini mencapai 2347 Posyandu dimana 435 Posyandu telah dikategorikan mandiri.

Sehingga kata Sugeng, untuk mewujudkan Posyandu yang mandiri pihaknya berharap kepala desa membangun Posyandu secara permanen dan menyediakan honor Posyandu miniamal Rp.50.000 dan operasional PMT sebesar Rp. 150.000 melalui Dana Desa (DD) Tahun 2020.

“Maka salah satu syarat mencapai Posyandu yang mandiri kuwu diharapkan menyediakan bangunan Posyandu permanen dan memberikan honor Posyandu minimal Rp.50.000 dan operasional PMT Rp. 150.000 yang bersumber dari DD Tahun 2020,” tandas dia.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

VIDEO

Semprot Disinfektan Cegah Penyebaran Virus Corona6/04

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707