Kamis, 4 Juni 2020

PT. DI Modal Dasar Pertahanan Udara yang Strategis untuk Kepentingan Masa Depan Bangsa

PT. DI Modal Dasar Pertahanan Udara yang Strategis untuk Kepentingan Masa Depan Bangsa

IPTEK
26 Desember 2019, 16:49 WIB

Dede Farhan Aulawi. (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Ada hal yang menarik ketika hari ini, Rusia menyampaikan rencana pengembangan model dan teknologi pesawat pembom (bomber) jarak jauh generasi keenam pada tahun 2040 nanti. 

Pada kesempatan ini, media seperti biasa menemui Pemerhati Teknologi Pertahanan Dede Farhan Aulawi, Kamis (26/12) di kantornya.

Menurut Dede, konsep teknologi penerbangan yang dikembangkan Rusia sudah sangat maju. Persoalannya kita tidak cukup mengagumi teknologi orang lain, sementara kita abai dengan industri penerbangan milik sendiri.

"Realitas teknologi ketika konsep mulai dirancang, lalu diturunkan ke detail desain, dan sub-sub bagian, maka realisasinya bisa terwujud sekitar 20 tahun yang akan datang," ungkapnya.

"Jadi semacam long term Investment, dan tolok ukurnya tidak bisa dihitung dalam balance sheet tahun ini. Ini bukan 'Kebijakan Bisnis' melainkan 'Kebijakan Strategis' untuk masa depan bangsa dan negara," imbuhnya.

Selanjutnya Dede juga menambahkan bahwa rencana pengembangan bomber generasi keenam tanpa awak ini, disampaikan oleh Kepala Penerbangan Jarak Jauh Rusia, Letnan Jenderal Sergey Kobylash.

"Perlu diketahui juga bahwa sebenarnya Rusia sudah mengembangkan Okhotnik-B, pesawat udara nirawak (UAV) atau drone tempur siluman yang amat dirahasikan," jelasnya.

"Okhotnik-B ini mampu membawa 2 ton bom penghancur. Disamping jenis pesawat, jenis  senjatanya juga terus ditingkatkan. Lihat saja up grade sistem pesawat dan senjata yang dilakukan pada 
 Tu-160, Tu-95MS dan Tu-22M3," sambungnya.

Kemudian pesawat pembom itu juga bersifat subsonik, artinya dirancang mampu melakukan semua tugas yang dihadapi penerbangan jarak jauh.

Coba perhatikan juga gagasan desain dari produsen pesawat Tupolev, dengan proyeknya yang disebut  PAK-DA. Pesawat pembom ini didesain menggunakan teknologi siluman dan dapat dipersenjatai dengan rudal air-to-surface hipersonik. Dia memiliki jangkauan 12.500 km dan mampu membawa muatan hingga 30 ton.

Jika merujuk pada berbagai pemutakhiran konsep, desain dan senjata pertahanan, maka kemampuan serangan udara akan menjadi kunci kemenangan.

Hal ini sebenarnya mengingatkan kita semua bahwa aset bangsa yang sudah dirintis oleh almarhum BJ. Habibie harus dilanjutkan. Pak Habibie berhasil meletakkan fondasi awal penguasaan teknologi penerbangan.

Selanjutnya tentu giliran generasi penerus untuk melanjutkan estafeta tanggung jawab masa depan bangsa.

"Marilah kita segera bangun dan bangkit untuk meneruskan perjuangan pak Habibie. Perkuat PT. DI dengan kebijakan khusus yang berorientasi pada penguatan industri pertahanan dalam negeri. Jangan dibiarkan jalan sendiri, sebab ini adalah aset strategis bangsa," harap dan sekaligus ilustrasi yang digambarkan Dede dalam menutup pembicaraan.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

VIDEO

Kesenian Reog Khas Daerah Indramayu, Jawa Barat6 hari yang lalu

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060