Senin, 17 Februari 2020

Variabel Ekonomi yang Berimplikasi pada Situasi Keamanan Nasional


OPINI
22 Desember 2019, 19:02 WIB

Dede Farhan Aulawi. (Foto: Istimewa)

Cuplikcom - Tahun 2019 sebentar lagi akan berakhir, dan langsung memasuki tahun 2020. Hal ini tentu bukan soal angka - angka, melainkan kemampuan dalam membuat prognosa tahun depan berdasarkan variabel - variabel saat ini. Ada variabel yang berkorelasi positif, berkorelasi negatif, maupun tidak berkorelasi.

Dalam konteks ini, media mewawancarai Komisioner Kompolnas RI Dede Farhan Aulawi melalui sambungan telepon, Minggu (22/12/2019) untuk mengetahui prediksi situasi keamanan tahun depan dikaitkan dengan variabel-variabel ekonomi.

Menurut Dede, Indonesia perlu  mewaspadai kemungkinan terjadinya resesi ekonomi global yang disebabkan oleh  pertumbuhan ekonomi negara-negara maju semakin melesu bahkan diproyeksikan akan berada di bawah 2% pada 2020.

"Kondisi ini berpotensi menjalar ke perekonomian Indonesia, mengingat pertumbuhan ekonomi Indonesia stagnan di kisaran 5%," ujarnya.

Selanjutnya Dede juga menyampaikan terkait stabilitas Rupiah yang bertumpu pada derasnya aliran dana-dana jangka pendek (hot money) yang terjadi karena tingkat bunga di Indonesia masih lebih 'menggiurkan' bagi investor dibanding negara-negara lain.

"Namun, derasnya modal yang distimulasi oleh selisih suku bunga ini bisa tiba-tiba keluar yang membuat ekonomi Indonesia semakin rentan," ungkapnya.

Dede melanjutkan, disamping itu, hal yang terkait dengan penurunan suku bunga acuan juga belum berpengaruh bagi peningkatan kredit produktif. Artinya masih banyak kredit konsumtif.

"Begitupun dengan pertumbuhan kredit yang  masih single digit, karena LDR perbankan masih tinggi sehingga bank sangat selektif dalam memberikan kredit," kata dia.

Ia menjelaskan lalu ada juga hal - hal yang terkait dengan persaingan antara bank dan Fintech. Fintech lebih banyak menyajikan kemudahan sehingga potential market-nya bisa terus berkembang secara masif, dan tidak menutup kemungkinan adanya beberapa bank yang gulung tikar. Termasuk semakin berkembangnya penggunaan mata uang digital (crypto currency).

'Selain itu, jika melihat kapasitas fiskal pemerintah pun nampaknya semakin sempit. Hal ini terlihat dari proporsi belanja modal menunjukkan tren penurunan sejak 2016, contohnya proporsi di 2019 turun menjadi 11,59% dibanding 2018 sebesar 14,02," jelasnya.

"Dengan demikian bila melihat indikator atau variabel -variabel di atas, maka bisa saja terjadi resesi ekonomi global yang berdampak juga terhadap Indonesia. Oleh karena itu, seluruh fungsi terkait harus bekerja sama untuk meminimalisir dampak tersebut sehingga pengaruhnya tidak terlalu besar bagi Indonesia," tambahnya.

Menurut Dede, jika tidak diantisipasi dengan sungguh-sungguh tentu akan berimplikasi juga pada situasi keamanan nasional. Apalagi tahun depan juga ada banyak pilkada serentak di banyak daerah

"Namun kita harus selalu optimis dengan perhitungan cermat dan kesiapsiagaan penuh, agar Polri bisa mengemban amanah negara di bidang keamanan dengan baik, lancar dan sukses," tandasnya.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

VIDEO

Live Streaming Siang | NEW CUPLIKA The Best Of Pantura17/02

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr