Jum'at, 10 Juli 2020

Variabel Ekonomi yang Berimplikasi pada Situasi Keamanan Nasional

Variabel Ekonomi yang Berimplikasi pada Situasi Keamanan Nasional

OPINI
22 Desember 2019, 19:02 WIB

Dede Farhan Aulawi. (Foto: Istimewa)

Cuplikcom - Tahun 2019 sebentar lagi akan berakhir, dan langsung memasuki tahun 2020. Hal ini tentu bukan soal angka - angka, melainkan kemampuan dalam membuat prognosa tahun depan berdasarkan variabel - variabel saat ini. Ada variabel yang berkorelasi positif, berkorelasi negatif, maupun tidak berkorelasi.

Dalam konteks ini, media mewawancarai Komisioner Kompolnas RI Dede Farhan Aulawi melalui sambungan telepon, Minggu (22/12/2019) untuk mengetahui prediksi situasi keamanan tahun depan dikaitkan dengan variabel-variabel ekonomi.

Menurut Dede, Indonesia perlu  mewaspadai kemungkinan terjadinya resesi ekonomi global yang disebabkan oleh  pertumbuhan ekonomi negara-negara maju semakin melesu bahkan diproyeksikan akan berada di bawah 2% pada 2020.

"Kondisi ini berpotensi menjalar ke perekonomian Indonesia, mengingat pertumbuhan ekonomi Indonesia stagnan di kisaran 5%," ujarnya.

Selanjutnya Dede juga menyampaikan terkait stabilitas Rupiah yang bertumpu pada derasnya aliran dana-dana jangka pendek (hot money) yang terjadi karena tingkat bunga di Indonesia masih lebih 'menggiurkan' bagi investor dibanding negara-negara lain.

"Namun, derasnya modal yang distimulasi oleh selisih suku bunga ini bisa tiba-tiba keluar yang membuat ekonomi Indonesia semakin rentan," ungkapnya.

Dede melanjutkan, disamping itu, hal yang terkait dengan penurunan suku bunga acuan juga belum berpengaruh bagi peningkatan kredit produktif. Artinya masih banyak kredit konsumtif.

"Begitupun dengan pertumbuhan kredit yang  masih single digit, karena LDR perbankan masih tinggi sehingga bank sangat selektif dalam memberikan kredit," kata dia.

Ia menjelaskan lalu ada juga hal - hal yang terkait dengan persaingan antara bank dan Fintech. Fintech lebih banyak menyajikan kemudahan sehingga potential market-nya bisa terus berkembang secara masif, dan tidak menutup kemungkinan adanya beberapa bank yang gulung tikar. Termasuk semakin berkembangnya penggunaan mata uang digital (crypto currency).

'Selain itu, jika melihat kapasitas fiskal pemerintah pun nampaknya semakin sempit. Hal ini terlihat dari proporsi belanja modal menunjukkan tren penurunan sejak 2016, contohnya proporsi di 2019 turun menjadi 11,59% dibanding 2018 sebesar 14,02," jelasnya.

"Dengan demikian bila melihat indikator atau variabel -variabel di atas, maka bisa saja terjadi resesi ekonomi global yang berdampak juga terhadap Indonesia. Oleh karena itu, seluruh fungsi terkait harus bekerja sama untuk meminimalisir dampak tersebut sehingga pengaruhnya tidak terlalu besar bagi Indonesia," tambahnya.

Menurut Dede, jika tidak diantisipasi dengan sungguh-sungguh tentu akan berimplikasi juga pada situasi keamanan nasional. Apalagi tahun depan juga ada banyak pilkada serentak di banyak daerah

"Namun kita harus selalu optimis dengan perhitungan cermat dan kesiapsiagaan penuh, agar Polri bisa mengemban amanah negara di bidang keamanan dengan baik, lancar dan sukses," tandasnya.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

VIDEO

Polsek Jatibarang Lakukan Giat Dapur Umum9/07

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr