Sabtu, 14 Desember 2019

Projo Indramayu: Peran dan Posisi Pendamping Desa Harus Dioptimalkan


POLITIK
27 Oktober 2019, 21:07 WIB

Sekretaris Projo Indramayu, Edi Fauzi (cuplik.com/ist)

Cuplikcom - Indramayu - Projo kabupaten Indramayu menilai bahwa peran dan posisi Pendamping Desa harus dioptimalkan, pasalnya selama ini belum menunjukkan taringnya sebagai agen utama untuk kemajuan bangsa menuju Indonesia maju, Pendamping Desa harus bisa membangkitkan semangat desa agar ke depan lebih produktif, kreatif, cepat dan berdaya saing.

Hal itu diungkapkan Sekretaris DPC Projo kabupaten Indramayu, Edi Fauzi, saat ditemui di Indramayu Jawa Barat, Minggu (27/10/2019).

"Kami berharap pada pemerintahan periode kedua Jokowi ini, Kementerian Desa harus mengoptimalkan peran dan posisi pendamping desa, demi untuk kemajuan Indonesia," ujar Edi.

Edi menjelaskan, Pendamping Desa harus benar-benar berbasis kerja dan berkualitas, harus memahami potensi-potensi kemajuan desa, sehingga hadirnya pendamping desa bisa memberikan sesuatu yang produktif.

"Apalagi tantangan global kita ke depan semakin ketat, sehingga desa perlu berbenah dalam hal pembangunan kapasitas manusia dan pembangunan ekonomi. Sehingga di sini peran pendamping sangat menentukan," jelasnya.

Ia menambahkan, menurut data BPS 2018, ada sebanyak 75.436 desa di seluruh Indonesia, desa merupakan pondasi penentu kemajuan bangsa di segala aspek, termasuk juga sangat berperan dalam mengawal ideologi Pancasila dan NKRI.

Sehingga, lanjut Edi, terobosan Jokowi dengan menghadirkan Wakil Menteri di Kemendesa PDTT yang diisi oleh Budi Arie Setiadi, sangat tepat, guna untuk mengoptimalkan Desa sebagai basis utama kemajuan bangsa. 

"Dengan hadirnya pa Budi jadi Wamen Kemendes, kami optimis desa ke depan akan lebih punya terobosan baru, sekaligus memperkuat pondasi bangsa melalui desa," tegasnya.

Edi juga mengungkapkan, sosok wakil menteri Budi Arie Setiadi, memiliki pengalaman dalam pemetaan permasalahan di tingkat desa.

"Beliau sudah paham betul dalam memetakan setiap permasalahan di tingkat desa, termasuk dalam hal pemetaan konflik sosial dan radikalisme di tingkat desa," ungkap Edi.

Oleh karenanya, Edi mengharapkan agar Kemendesa PDTT ke depan mampu mengoptimalkan Desa melalui peran dan posisi pendamping desa.

"Kami dari Projo sangat paham dengan desa serta peran dan posisi pendamping desa selama ini. Ke depan kami ingin ada perubahan yang nyata di desa untuk kemajuan bangsa. Kami siap dan punya kader-kader yang potensial untuk ikut serta membangun desa," tandasnya.


Penulis : am
Editor : Almak

Tag :

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

(1/7) Misteri Kali Rentang, Ki Jaka Bajul Jatisawit | Sandiwara Candra Sari | 201714/12/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707