Sabtu, 19 Oktober 2019

Indramayu Miliki Tiga Komoditas Unggulan Pasok Stok Pangan Jawa Barat


EKONOMI
2 Oktober 2019, 15:35 WIB

kegiaan pembukaan Festival Hari Pangan Sedunia ke-39 tingkat Provinsi Jawa Barat, (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Ketersediaan pangan di Kabupaten Indramayu, sampai saat ini masih didominasi oleh tiga komoditas unggulan yakni padi, mangga, dan ikan laut yang keberadaannya cukup melimpah serta dapat memberikan kontribusi serta memasok stok pangan Jawa Barat bahkan nasional. 

Hal itu ditegaskan Wakil Bupati Indramayu, Taufik Hidayat, ketika berlangsung kegiaan pembukaan Festival Hari Pangan Sedunia ke-39 tingkat Provinsi Jawa Barat, Rabu (02/09/2019) di Lapangan Atletik Sport Center Indramayu.

Taufik menambahkan, selain tiga komoditas unggulan tersebut, potensi pangan lainnya cukup tersedia dan masih membutuhkan perhatian melalui kebijakan pemerintah, kreativitas dan inovasi di bidang pangan untuk peningkatan produksi dan nilai tambah yang dapat memenuhi kebutuhan penduduk.

“Perwujudan ketahanan pangan, terlebih lagi kedaulatan pangan dalam satu wilayah tidak akan bisa tercapai apabila masyarakat dan pemerintahnya tidak saling mendukung dan bekerasama serta memiliki inovasi yang terus berkembang seiirng dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknolgi, gaya hidup, selera, serta persepsi masyarakat,” tegas Taufik.

Taufik menambahkan, situasi ketersediaan pangan di Kabupaten Indramayu telah memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan ketersediaan energy sebesar 8.938 kkal/kapita/hari atau 372,4 persen, dan ketersediaan protein sebesar 364,6 gram/kapita/hari atau 578,7 persen. 

Selanjutnya, pangan yang tersedia di Kabupaten Indramayu sudah melebihi cukup namunbelum beragam. Pangan yang telah tersedia dalam jumlah berlebih adalah padi-padian, pangan hewani minyak dan lemak buah/biji berminyak serta sayur dan buah. Sedangkan pangan yang tersedia dalam jumlah yang belum mencukupi adalah umbi-umbian, kacang-kacangan, dan gula.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, kabupaten/kota di Jawa Barat harus bisa mengolah hasil pangan dan bersinergi  dengan kabupaten/kota lainnya untuk  saling kerjasama. 

Uu menambahkan, daerah penghasil bahan baku pangan, harus mampu menjalin dan membangun kerjasama dengan daerah pengolah pangan. Hal ini agar nilai suatu produk pangan bisa benilai lebih tinggi yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejehteraan masyarakat.

Pada peringatan Hari Pangan Sedunia tersebut, berbagai kegiatan dilaksanakan seperti pameran indoor dan outdoor, makan sehat dan icip-icip pangan lokal Indramayu, lomba cipta menu pangan lokal non beras non terigu, lomba stand terbaik, lomba penyajian mangga gedong gincu termanis, terenak dan tereksotis, lomba beras PUPM terbaik, live music performance, gelar seni budaya Indramayu dan Provinsi Jawa Barat, presentasi / demo produk / teknologi, bazar dan kuliner, gelar produk pangan olahan UKM tingkat Provinsi Jawa Barat, tour, dan  pemecahan rekor MURI.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Kronologis Gratifikasi Pajero untuk Bupati Indramayu dari Rohadi19/10/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461