Jum'at, 10 Juli 2020

Terkait Permasalahan di Indramayu, Ini Rekomendasi H. Supendi ke Wantannas

Terkait Permasalahan di Indramayu, Ini Rekomendasi H. Supendi ke Wantannas

EKONOMI
10 September 2019, 17:14 WIB

Kunjungan Kerja Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) di Kabupaten Indramayu, Selasa (10/09/2019). (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Bupati Indramayu H. Supendi merekomendasikan beberapa hal terkait dengan permasalahan di Kabupaten Indramayu pasca beroperasinya Tol Cipali yang mengakibatkan penurunan di sektor ekonomi.

Hal tersebut disampaikan ketika Kunjungan Kerja Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) di Kabupaten Indramayu, Selasa (10/09/2019).

Bupati Indramayu H. Supendi menjelaskan, rekomendasai tersebut diharapkan menjadi solusi bagi perkembangan dan penguatan kembali perekonomian di Kabupaten Indramayu.

Beberapa rekomendasi tersebut yakni mendorong pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan Losarang agar segera beroperasi supaya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Rekomendasi berikutnya yakni mendorong pemerintah pusat untuk mengembangkan kawasan ekonomi khusus di wilayah Karangsong dan Pulau Biawak, kemudian mengharapkan agar dibangun jalur kereta api dari Pelabuhan Losarang ke Stasiun Kereta Api Terisi dan segera menyelesaiakn revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tahun 2011 – 2031.

Selain itu, lanjut Supendi, pihaknya juga mendorong pemerintah pusat untuk menambah pembangunan exit tol yakni di Kecamatan Gantar sebagai upaya menuju Ujunggebang Kecamatan Sukra untuk akses ke Pelabuhan Patimban, exit tol Kecamatan Terisi yang menuju kawasan industry dan Pelabuhan Losarang, dan exit tol untuk menuju embarkasi haji Kecamatan Lohbener. 

“Kita berharap rekomendasi ini bisa direalisasikan karena bisa mengembalikan kejayaan perekonomian di Indramayu. Apalagi saat ini kita menghadapi kawasan industry yang tengah kita siapkan,” katanya.

Sementara itu Ketua Tim Kajian Daerah Wantannas, Kolonel Laut Supendi, ST. menjelaskan, semenjak dibukanya jalan Tol Cipali pada tahun 2015, telah membawa dampak turunnya perekonomian di jalur Pantura (Indramayu).

Pasalnya, pelaku usaha kuliner ataupun oleh-oleh mengalami penurunan omzet yang drastis bahkan ada yang bangkrut sehingga menutup tempat usaha. Perekonomian lokal sepanjang kota-kota Pantura mengalami penurunan.

Hasil studi yang dilakukan BI cabang Cirebon menunjukkan 70 persen restoran tutup, 30 persen usaha anjlok, 70 persen omzet  SPBU turun.  Secara mikro, di Pekalongan penjualan batik anjlok 70 persen, penjualan telur asin di Brebes turun lebih dari 50 persen.

Gambaran tersebut di atas menunjukkan bahwa Kabupaten Indramayu merupakan daerah yang mengalami dampak ekonomi cukup besar akibat dari operasional tol Cipali.

Untuk itu perlu dilakukan pengkajian yang mendalam untuk mendapatkan berbagai data dan informasi terkait dengan permasalahan atau hambatan yang dihadapi dalam rangka menemukan solusinya.

“Selain tol Cipali, kita juga antisipasi tol Cisumdawu, bendungan Cipanas, dan lainnya sehingga perlu dilakukan antisispasi. Permasalahan yang muncul di Kabupaten Indramayu ini, selanjutnya akan dibawa ke pusat sebagai bahan kebijakan  untuk menentukan langkah selanjutnya,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Ketua DPRD Indramayu bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Indramayu.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

VIDEO

Ceramah Lucu Tentang Pengantin | Hj. Nining Nurhasanah Indramayu9/07/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060