Selasa, 7 Juli 2020

Pemerhati Infrastruktur, Dede Farhan: Tol Cigatas Sangat Penting dan Urgent

Pemerhati Infrastruktur, Dede Farhan: Tol Cigatas Sangat Penting dan Urgent

EKONOMI
8 September 2019, 17:47 WIB

Pembangunan jalan tol. (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Jakarta - Pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat di pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat ini menuntut ditopang oleh pembangunan infrastruktur yang merata.

Baik pembangunan infrastruktur di wilayah utara, tengah dan selatan. Hal ini sangat penting agar pemerataan pertumbuhan ekonomi bisa berjalan secara merata di seluruh wilayah, karena jika hal ini tidak diperhatikan maka isu – isu pemekaran akan selalu timbul untuk mendirikan wilayah sendiri.

Dalam konteks ini, media menemui Tokoh Jawa Barat Dede Farhan Aulawi di sela - sela olah raga pagi, Minggu 8 September 2019 di  kawasan Jakarta Selatan selaku Pemerhati infrastruktur yang juga Dosen K3 Konstruksi.

Pada kesempatan tersebut, Dede menyampaikan salah satu pembangunan infrastruktur yang penting di Jawa Barat adalah pembangunan Proyek Tol Cigatas, yaitu jalan tol yang akan menghubungkan Cileunyi – Garut – Tasik dan Banjar.

Ia menuturkan penyelesaian perencanaan dan pelaksanaan pembangunan jalan tol Cigatas ini masuk kategori sangat penting dan urgen dalam menopang percepatan pertumbuhan ekonomi di wilayah tengah Jawa Barat.

Di samping itu jalur ini pun sering dipakai jalur alternatif saat mudik lebaran sehingga otomatis volume kendaraan akan meningkat sangat signifikan.

“Di hari – hari biasa saja volume kendaraan yang melintasi jalur tengah ini sangat tinggi, apalagi di hari raya atau hari libur sekolah misalnya. Di samping itu lebar jalan yang relatif kecil sementara pembangunan pabrik dan perumahan terus meningkat menambah semakin semrawutnya jalan terutama di jam – jam kerja," ungkap Dede.

"Lihat saja contohnya di sekitar Cileunyi dan Rancaekek saat bubaran jam kerja pabrik sering timbul kemacetan lalu lintas yang luar biasa. Bertahun – tahun terjadi tanpa ada penyelesaian yang berarti," sambungnya.

Oleh karena itu secara objektif, Dede berpandangan bahwa pembangunan jalan tol Cigatas ini bisa diwujudkan dengan secepatnya, dan hal ini akan menunjang pengembangan objek – objek wisata yang berada di wilayah – wilayah tersebut.

"Jika basis ekonomi pariwisata bergerak dan tumbuh, maka diyakininya akan menggerak pertumbuhan ekonomi masyarakat di sektor yang lainnya pula. Misalnya hotel, rumah makan, pengrajin cinderamata, ttravel, dan lain – lain," kata dia.

Menurutnya, terkait pendanaan yang akan bersumber pada modal investasi swasta dinilainya juga sangat baik. Terutama swasta lokal atau nasional agar peredaran uang tetap berada di negara kita sendiri. Usahakan menghindari atau meminimalisir kemungkinan investasi asing agar peredaran uang tidak banyak ditarik keluar, yang ujungnya nilai rupiah bisa semakin anjlok.

"Begitupun dengan tenaga kerja yang akan dipekerjakan di proyek ini perlu diusahakan 100 % menggunakan tenaga kerja masyarakat sendiri agar mereka memperoleh penghasilan untuk menghidupi kebutuhan keluarganya," tutupnya.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

VIDEO

May Day 2020, Polsek Arahan Buka Dapur Umum Berbagi Makanan ke Masyarakat7/07

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726