Jum'at, 20 September 2019

Penggunaan Body Cams dalam Pemolisian di Era Modern


HUKUM
4 September 2019, 11:54 WIB

Dede Farhan Aulawi. (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Jakarta - Zaman terus berubah dan waktu pun terus bergulir. Perubahan zaman ini berdampak pada perubahan tatanan peradaban, dimana transparansi (keterbukaan), kebenaran dan keadilan menjadi isu sentral. Persoalannya kemudian, bagaimana teknologi bisa turut andil untuk memenuhi harapan tersebut.

Pada kesempatan ini, media menghubungi Pemerhati Teknologi Kepolisian yang juga Komisioner Kompolnas RI Dede Farhan Aulawi, Rabu 4 September 2019 di Jakarta.

Dede menyampaikan bahwa salah satu produk teknologi yang bisa menemani tuntutan transparansi diantaranya adalah pemasangan camera di badan atau biasa disebut dengan Body Cams.

Pemasangan kamera tubuh ini akan berdampak pada beberapa hal, diantaranya Pengurangan keluhan terhadap polisi.

Sebuah studi dari University of Cambridge menemukan bahwa penggunaan kamera yang dikenakan di tubuh membuat keluhan terhadap polisi hampir benar-benar hilang.

"Ini adalah hasil penelitian selama setahun terhadap hampir 2.000 petugas di Inggris dan Amerika Serikat, dan Studi menemukan bahwa keluhan yang dibuat terhadap polisi oleh publik turun 93%," ujar Dede.

"Ini terjadi karena prinsip psikologis yang dikenal sebagai "efek pengamat (Observer Effect)". Sederhana saja prinsipnya, yaitu perilaku orang berubah ketika mereka tahu mereka direkam," sambungnya.

Dede menambahkan, disamping itu, dampak lainnya adalah pengurangan penggunaan kekuatan oleh polisi. Salah satu studi di Rialto California, menemukan bahwa penggunaan kekuatan oleh polisi turun 50% ketika petugas mengenakan kamera.

Petugas dan orang-orang yang berinteraksi dengan mereka cenderung lebih berhati-hati dan kecil kemungkinannya untuk mengambil tindakan menyerang, melawan atau anarkis karena semua tindakan bisa langsung terdokumentasikan dan menjadi fakta – fakta hukum.

"Hal ini juga tentu akan berimplikasi pada penurunan biaya administrasi dan investigasi dalam kegiatan peyelidikan atau penyidikan," ungkapnya.

Masih kata Dede, selanjutnya kamera tubuh akan merekam setiap kegiatan dan tindakan kepolisian ketika melakukan patroli atau melaksanakan tugas lainnya, karena semua terekam dalam metadata yang sangat besar.

Dengan demikian akan membantu pencarian kebenaran atas suatu kejadian. Jadi body cams ini sangat membantu dalam menguak fakta secara transparan dalam menjadi kebenaran untuk mencapai terpenuhinya rasa keadilan.

"Banyak permasalahan – permasalahan sosial yang timbul sebagai dampak karena tidak terpenuhinya rasa keadilan (feeling in justice). Oleh karena itu polisi masa depan adalah polisi profesional yang dilengkapi dengan peralatan modern sesuai dengan tuntutan zaman," paparnya.

"Alokasi anggaran untuk kepolisian juga harus berorientasi pada pemenuhan kebutuhan objektif sesuai dengan ruang lingkup tugas dan tanggung jawabnya," tandasnya.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

VIDEO

Ceramah KH. Moh Syatori, S.H, MA | Maulid Nabi Muhammad SAW | 201819/09

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707