Selasa, 7 Juli 2020

Strategi Pengawasan Berbasis Inovasi Teknologi Digital

Strategi Pengawasan Berbasis Inovasi Teknologi Digital

HUKUM
3 September 2019, 14:15 WIB

Dede Farhan Aulawi. (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Jakarta - Kompleksitas dan luas jangkauan suatu area yang menjadi tanggung jawab pengawasan bagi sebuah institusi, menuntut sebuah kreativitas bidang inspektorat untuk mengembangkan model pengawasan yang efisien berbasis pada inovasi tehnologi.

Model pengawasan seperti ini dalam penerapannya dikenal dengan istilah Teknologi Pengawasan atau Supervisory Technology dan biasa disingkat dengan Suptech. Saat ini penerapannya semakin meluas, namun masih banyak juga yang masih menggunakan model – model konvensional.

Untuk mengetahui lebih jauh terkait ini, media mewawancarai seorang Pemerhati Suptech yang juga Komisioner Kompolnas RI, Dede Farhan Aulawi di Jakarta, Selasa 3 September 2019.

Dede menjelaskan bahwa teknologi pengawasan (suptech) adalah penggunaan teknologi inovatif oleh suatu lembaga pengawas, baik pengawas internal ataupun pengawas eksternal dalam mendukung program pengawasan.

Hal ini bertujuan untuk membantu lembaga pengawas tersebut dalam mendigitalkan proses pelaporan dan peraturan, pemantauan risiko dan kepatuhan yang lebih efisien dan proaktif di lembaga yang menjadi tanggungjawabnya.

"Sejumlah lembaga pengawas sudah menggunakan cara - cara inovatif ini dengan menerapkan pendekatan berbasis risiko (risk based approach). Terlebih saat ini kemajuan teknologi memfasilitasi lahirnya pusat data yang bisa digunakan sebagai instrumen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan," ujarnya.

Selanjutnya Dede juga menjelaskan bahwa Suptech banyak di terapkan di dua bidang aplikasi, yaitu pengumpulan data dan analisis data. Dalam pengumpulan data, aplikasi digunakan untuk pelaporan pengawasan dan pengelolaan data, contohnya untuk menarik data langsung dari sistem TI (bank data), validasi dan konsolidasi data otomatis dan chatbots untuk menjawab keluhan atau pengaduan dari publik.

"Dalam analisis data misalnya di perbankan, aplikasi digunakan untuk pengawasan pasar, analisis pelanggaran, serta pengawasan mikroprudensial dan makroprudensial. Contohnya mendeteksi aktivitas perdagangan orang dalam, identifikasi pencucian uang, memantau risiko likuiditas entitas yang diawasi, dan memperkirakan kondisi pasar perumahan," paparnya.

"Aplikasi-aplikasi ini berada dalam tahap pengembangan dan implementasi yang berbeda, mulai dari pertanyaan penelitian akademik hingga proof-of-concept dan use-cases hingga operasional penuh," imbuh Dede.

Ia mengatakan manfaat aplikasi suptech yang asalnya dilakukan bagi institusi keuangan, saat ini model tersebut diterapkan secara lebih luas ke lembaga lain yang memeiliki kewenangan dalam pengawasan.

Dalam penerapannya strategi suptech terdiri dari tiga elemen kunci, yaitu (1) ambisius dan terukur (dapat dicapai targetnya), misalnya soal teknologi yang akan digunakan, area pengawasan, dan pendanaannya,

(2) penilaian ketersediaan data saat ini, kualitas data, dan ketersediaan sumber daya analitis, dan (3)  perencanaan tahapan – tahapan penerapannya.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

VIDEO

Kodim 0616 Indramayu Gelar Simulasi Pemulasaraan dan Pemakaman Jenazah Covid-197/07

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060