Kamis, 9 Juli 2020

Program Adipura Dituntut Untuk Berbenah

Program Adipura Dituntut Untuk Berbenah

SOSIAL
29 Agustus 2019, 15:59 WIB

Rapat Koordinasi Persiapan Penilaian Program Adipura tahun 2019 yang berlangsung di Ruang Ki Tinggil (Foto: Istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Aep Surahman mengatakan, dengan diluncurkannya Perpres Nomor  97 tahun 2017, maka program Adipura dituntut untuk berbenah guna mengantisipasi Perpres tersebut.

Jakstranas kemudian diterjemahkan menjadi kebijakan dan strategi daerah (Jakstrada), telah memberikan ‘tugas tambahan’ kepada program Adipura untuk memberikan dorongan kepada pemerintah daerah untuk mencapai target pengelolaan sampah yang telah ditetapkan dan untuk pelaksanaan Program Penilaian Adipura 2018 – 2025.

Aep menambahkan, prinsip dasar penilaian program Adipura 2018 – 2025 akan menitikberatkan pada kapasitas terpasang sistem pengelolaan sampah di setiap kabupaten/kota, baik itu kapasitas terpasang untuk sistem pengurangan sampah maupun untuk sistem penanganan sampah.

Tujuannya adalah untuk mengukur dan mengevaluasi setiap kabupaten/kota dalam pencapaian target pengurangan dan penanganan sampah masing-masing berdasarkan Peraturan Jakstrada yang dimiliki. 

“Hasil evaluasi ini nantinya akan menjadi dasar perumusan pola penghargaan atau rewards / penentuan peraihan Anugerah Adipura dan pembinaan kepada daerah,” kata Aep, Kamis 29 Agustus 2019.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa melalui Kepala Sub Bidang Hutan dan Hasil Hutan, Nugraha Widiarto mengatakan, program Adipura 2018-2025 merupakan penyempurnaan konsep lama yaitu Berbasis penilaian ambience dan Dalam kurun waktu tertentu, sedangkan konsep baru Berbasis sistem data dan Kondisi riil. 

Sedangkan pada klasifikasi kota akan menggunakan klasifikasi atau level 1,2,3,4 dan 5 tergantung hasil penilaian di lapangan.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

Corona pertama di indramayu

kenapa di cuplik dot com tidak ada berita korona

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

VIDEO

Program SEJULI, PAC PDI Perjuangan Jatibarang Bagikan Nasbung ke Masyarakat9/07

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr