Jum'at, 20 September 2019

Program Adipura Dituntut Untuk Berbenah


SOSIAL
29 Agustus 2019, 15:59 WIB

Rapat Koordinasi Persiapan Penilaian Program Adipura tahun 2019 yang berlangsung di Ruang Ki Tinggil (Foto: Istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Aep Surahman mengatakan, dengan diluncurkannya Perpres Nomor  97 tahun 2017, maka program Adipura dituntut untuk berbenah guna mengantisipasi Perpres tersebut.

Jakstranas kemudian diterjemahkan menjadi kebijakan dan strategi daerah (Jakstrada), telah memberikan ‘tugas tambahan’ kepada program Adipura untuk memberikan dorongan kepada pemerintah daerah untuk mencapai target pengelolaan sampah yang telah ditetapkan dan untuk pelaksanaan Program Penilaian Adipura 2018 – 2025.

Aep menambahkan, prinsip dasar penilaian program Adipura 2018 – 2025 akan menitikberatkan pada kapasitas terpasang sistem pengelolaan sampah di setiap kabupaten/kota, baik itu kapasitas terpasang untuk sistem pengurangan sampah maupun untuk sistem penanganan sampah.

Tujuannya adalah untuk mengukur dan mengevaluasi setiap kabupaten/kota dalam pencapaian target pengurangan dan penanganan sampah masing-masing berdasarkan Peraturan Jakstrada yang dimiliki. 

“Hasil evaluasi ini nantinya akan menjadi dasar perumusan pola penghargaan atau rewards / penentuan peraihan Anugerah Adipura dan pembinaan kepada daerah,” kata Aep, Kamis 29 Agustus 2019.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Jawa melalui Kepala Sub Bidang Hutan dan Hasil Hutan, Nugraha Widiarto mengatakan, program Adipura 2018-2025 merupakan penyempurnaan konsep lama yaitu Berbasis penilaian ambience dan Dalam kurun waktu tertentu, sedangkan konsep baru Berbasis sistem data dan Kondisi riil. 

Sedangkan pada klasifikasi kota akan menggunakan klasifikasi atau level 1,2,3,4 dan 5 tergantung hasil penilaian di lapangan.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Organ NEW ARIMBI | Wedding Of Hilmi & Indah | Tugu-Sliyeg19/09

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683