Minggu, 23 Februari 2020

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bangun Pusat Daur Ulang di Indramayu


SOSIAL
23 Agustus 2019, 15:44 WIB

perjanjian kerjasasama untuk penyediaan fasilitas pengelolaan sampah di DAS Citarum melalui Pusat Da (Foto: Istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Menyelaraskan lingkungan yang sehat dan lestari terus menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Sebagai langkah konkret, Pemkab Indramayu bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) melakukan perjanjian kerjasasama untuk penyediaan fasilitas pengelolaan sampah di DAS Citarum melalui Pusat Daur Ulang (PDU) dan Bank Sampah Induk (BSI) di Kabupaten Indramayu.

Penandatanganan perjanjian kerjasasama dilaksanakan Rabu (21/08/2019) di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang wakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu Ir. Aep Surahman dan Direktur Pengelolaan Sampah Kemen LHK Dr. Ir. Novrizal Tahar, IPM.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Aep Surahman menjelaskan, perjanjian kerjasama ini dilakukan karena saat ini di Kabupaten Indramayu belum tersedianya fasilitas Pusat Daur Ulang (PDU) sampah skala10 ton/hari.

Belum tersedianya fasilitas Bank Sampah Induk (BSI) sampah skala 1 ton/hari, timbulan sampah yang berasal dari sumbernya perlu dikelola secara optimal, fasilitas pengelolaan sampah PDU dapat dipergunakan untuk pengomposan, dan fasilitas pengelolaan sampah BSI dapat dipergunakan untuk pemilahan dan pengumpulan.

Aep menambahkan, ruang lingkup perjanjian ini diharapkan dapat mengurangi sampah pada DAS Citarum di Kabupaten Indramayu sebagai penyelamatan dan pemulihan lingkungan hidup untuk kehidupan, yang mencakup jumlah dan jenis timbulan sampah yang terkurangi melalui  PDU dan BSI, dan mengurangi jumlah sampah terkurangi melalui kegiatan terpadu pengelolaan sampah melalui fasilitas pengomposan.

“Kerjasama ini diharapkan juga dapat menangani sampah dengan melibatkan komunitas dan kelompok masyarakat melalui  peran, partisipasi dan inovasi dalam pengelolaan sampah,” kata Aep.

Sementara itu Direktur Pengelolaan Sampah Kemen LHK Novrizal Tahar mengatakan, Kementerian akan menyediakan fasilitas pengelolaan sampah berupa Bangunan Pusat Daur Ulang (PDU) dan Alat Pengelolaan Sampah Skala 10 Ton/Hari, menyediakan fasilitas pengelolaan sampah berupa Bangunan Bank Sampah Induk (BSI) Sampah Skala 1 Ton/Hari, melakukan uji coba alat pengelolaan sampah, dan melaksanakan bimbingan teknis bagi operator fasilitas pengelolaan sampah. 

Sedangkan Pemkab Indramayu akan menyediakan lahan sebagai lokasi fasilitas PDU dan BSI, menyediakn listrik dan air, menyediakan SDM pengelolaan sampah, dan keperluan lainnya.

"Dengan perjanjian kerjasama ini kita harapkan timbulan sampah bisa berkurang dan tujuan kita mewujudkan lingungan yang sehat dan lestari bisa diwujudkan,” kata Novrizal.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

VIDEO

Ceramah KH. Moh Syatori, S.H, MA | Maulid Nabi Muhammad SAW | 201823/02/2018

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707