Selasa, 20 Agustus 2019

Ono Surono : Hikmah Iedul Adha untuk Penguatan Kebangsaan Kita


SOSIAL
13 Agustus 2019, 14:07 WIB

Ono Surono, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat (cuplikcom/ist)

Cuplikcom - Jakarta - Bagi umat Islam setiap tanggal 10 Dzulhijjah, tahun ini bertepatan dengan tanggal 11 Agustus 2019, merupakan hari suci yang wajib dirayakan. Hari yang kita kenal dengan Iedul Adha atau dalam khazanah keislaman Indonesia sebagai hari raya kurban atau lebaran haji.

Perintah kurban sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Alhaj ayat 34-35 dan Asshaffat ayat 103-107 yang kami pahami, esensi perintah berkurban dalam surah tersebut adalah kesediaan untuk tunduk dan patuh terhadap perintah Allah SWT sebagai ekspresi keimanan kita, sebagaimana diteladankan Nabi Ibrahim AS.

Hal itu dikatakan Ono Surono, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat kepada Media, Selasa (13/08/2019). Menurutnya, berkurban adalah bentuk ibadah sosial yang mengembalikan rasa kemanusiaan kita, daging kurban merupakan simbol kepedulian, keberpihakan dan kerelaan untuk berbagi sebagai bentuk kecil apa yang ia maknai sebagai pengorbanaan.

"Kesediaan, keikhlasan, kerelaan kita berbagi kepada orang miskin yang tidak seberuntung kita. Pada momentum idul adha ini lewat pemberiaan daging kurban, kita hendak membangun kembali rasa senasib sepenanggungan sebagai sebuah bangsa," kata Ono.

Lebih dari itu, kata Ono, dalam momen idul adha kali ini pihaknya berikhtiar untuk menjadikan berkurban bagian dari merajut kembali solidaritas sosial kita, yang muaranya berujung pada semakin kokohnya persatuan Indonesia.

"Kami sadar sepenuhnya apa yang kami kurbankan hari ini belum sebanding dengan apa yang diteladankan oleh para pendahulu kita untuk hikmat kemerdekaan lewat nyawa, darah dan air mata," tandasnya.

Ono menjelaskan, proklamasi lekat dengan nuansa pengorbanan. Hikmat kemerdekaan tidak mungkin terwujud tanpa kesediaan berbagi antar elemen bangsa. Spirit idul adha sangat terkait dan tepat dengan kebutuhan menguatkan ikatan kebangsaan kita hari ini.

"Seperti yang pernah Bung Karno sampaikan bahwa dalam setiap pengorbanan ada kemuliaan. Semoga menjadi ikhtiar yang diridhoi Alloh SWT," pungkasnya.


Penulis : putra
Editor : Didi Rahardi

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Organ NEW ARIMBI | Wedding Of Hilmi & Indah | Tugu-Sliyeg20/08

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726