Senin, 16 Desember 2019

Ribuan Petani Hutan Pertanyakan Keabsahan SK Perhutanan Sosial Jokowi


SOSIAL
2 Agustus 2019, 13:17 WIB

Ribuan Petani saat audiensi di Kantor KLHK Jakarta. (cuplik.com/ist)

Cuplikcom - Jakarta - Ribuan petani hutan yang tergabung di Perkumpulan Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial Indonesia (Gema PS) se Jawa dan Sumatera Utara menduduki Gedung Manggala Wanabhakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta (01/08/2019).

Petani yang yang berjejaring lebih dari 105 Gapoktan/KTH/LMDH se Jawa dan Sumatera Utara ini mempertanyakan keabsahan dan legalitas dari SK Perhutanan Sosial yang diberikan oleh Presiden Jokowi terutama Skema IPHPS yang masih saja masiv dianggap illegal oleh Oknum Perum Perhutani di tingkat tapak.

Deputi Operasional dan Program Perkumpulan Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial Indonesia, Rozikin mengatakan, ditingkat tapak ketika akan dilakukan penandaan batas, seperti di Malang dan Grobogan, SK yang terbit selalu saja dipertanyakan dan tidak memiliki kekuatan dan keabsahan.

Hal tersebut, kata Rozikin, dibuktikan dengan adanya tindakan resistensi dari pihak-pihak yang tergabung didalam LMDH untuk menghentikan penandaan batas.

“Hari ini petani datang dengan jumlah ribuan orang untuk mempertanyakan keabsahan dan kekuatan dari SK IPHPS yang diberikan oleh Pak Jokowi," kata dia.

Salah satu petani peserta aksi yang tidak mau disebut identitasnya mengatakan, bahwa hingga saat ini, petani masih saja was-was untuk menggarap dikawasan hutan yang telah mendapatkan legalitas dari SK-IPHPS.

"Sebenarnya kita was-was untuk menggarap kawasan IPHPS yang kata Pak Jokowi itu sudah sah dan legal, tapi prakteknya kita masih ditakut-takuti dan ditekan agar tidak usah menggarap, dulu kita garap lahan tapi kan belum ada izin tapi tidak pernah ditakut-takuti karena kita bayar sharing, sekarang malah udah ada SK IPHPS kita ditakut-takuti dari oknum Perhutani, penandaan batas saja dihalang-halangi," terangnya.

Selain tuntutan untuk mempertanyakan keabsahan dari SK IPHPS, ribuan petani ini juga meminta percepatan untuk verifikasi teknis kepada KLHK yang dinilai sangat lemot dalam merealisasikan program IPHPS dari Presiden.


Penulis : ayee
Editor : Didi Rahardi

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

VIDEO

Pengajian Umum Ustad Muh. Zaki Indramayu | 1 Muharram 1438 H Part 3/716/12/2016

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683