Senin, 16 Desember 2019

GENPPARI Berhasil Cetak 23 Pramuwisata Profesional


RAGAM
31 Juli 2019, 10:20 WIB

pelatihan “Profesional Tour Guide”. (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Bandung - Pesatnya pertumbuhan wisatawan yang berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, perlu disikapi dengan kesiapan SDM yang terkait dengan bidang kepariwisataan itu sendiri. Baik perhotelan, pengusaha rumah makan dan restoran, pengelola objek wisata dan lain – lain.

Salah satu fungsi lain yang tidak kalah pentingnya di bidang ini adalah Tour Guide atau Pemandu Wisata atau Pramuwisata. Persoalan pendidikan khusus yang mencetak para pemandu wisata profesional ini dirasakan masih sangat kurang.

Terkait dengan hal tersebut, maka Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia (GENPPARI) membuat program praktis berupa pelatihan “Profesional Tour Guide”. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi para pengusaha tour & travel yang membutuhkan tenaga kerja sebagai pemandu wisata.

Untuk mengenal lebih jauh hal ini, media menghubungi Ketua Umum GENPPARI Dede Farhan Aulawi untuk meminta keterangan seputar kegiatan pelatihan Profesional Tour Guide di Rumah Para Pecinta Ilmu (RUMPPI) yang terletak di jalan Mega Asri I no. 8 Bandung pada Rabu 31 Juli 2019.

Dede menjelaskan bahwa GENPPARI benar – benar menjadi sebuah gerakan nasional yang sungguh – sungguh ingin memajukan pariwisata Indonesia. Titik – titik krusial di bidang kepariwisataan diidentifikasi lalu dicarikan solusinya.

"Salah satunya program pelatihan Profesional Tour Guide ini. Bahkan dua minggu sebelumnya di tempat yang sama juga dilaksanakan program pelatihan Penguluh Kepariwisataan," paparnya.

"Jadi GENPPARI tidak sekedar menyampaikan konsep saja, tetapi juga langsung melakukan pemecahan dengan membuat solusinya secara mandiri dan atas biaya sendiri. Semua dilakukan semata – mata demi pengabdian untuk bangsa dan negara," tambah Dede.

Dia menambahkan bahwa peserta pelatihan sebenarnya lebih dari 20 orang, hanya saja yang lulus hanya 19 orang. Program dan kurikulum pelatihan di GENPPARI memag mengacu pada standar – standar pelatihan yang diakui secara internasional.

"Misalnya kehadiran minimal 80% dan ilai kelulusan juga minimal berniali 75. Jadi karena sistem pelatihannya sangat ketat, maka di setiap pelatihan tidak otomatis semua dinyatakan lulus," jelasnya.

"Adapun standar materi yang disampaikandalam pelatihan meliputi pengertian pemandu wisata, peranan dan persyaratannya, tugas – tugasnya, ruang lingkup saat pra tour, saat tour dan pasca tour," imbuhnya.

Dede memaparkan termasuk diajarkan bagaimana cara menangani jika ada barang yang hilang milik peserta tour, atau bagaimana apabila ada yang sakit bahkan ada yang meninggal. Cara komunikasi atau presentasi, juga penanganan jika ada program yang tidak sesuai dengan itenary baik karena ketidaksengajaan (faktor alam) ataupun karena kesengajaan.

"Jadi pelatihannya sangat padat dengan materi pembahasan yang sangat komplit. Jadi lulusan peatihan GENPPARI ini adalah para tenaga yang siap pakai," ungkapnya.

"Setelah mereka dinyatakan lulus teorinya, mereka pun diwajibkan untuk mengikuti praktikum tour guide di laboratorium alam," tutup Dede.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Live Streaming Siang | NEW CUPLIKA The Best Of Pantura6 hari yang lalu

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726