Senin, 22 Juli 2019

Dukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Pemkab Indramayu-BSSN RI Teken Kerjasama


RAGAM
11 Juli 2019, 13:12 WIB

Aan Hendrajana, dengan Sekretaris BSSN, Syahrul Mubarak di Auditorium Dr. Roebiono Kertopati BSSN Ja (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Jakarta Selatan - Pemerintah Kabupaten Indramayu bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI menjalin kerjasama untuk pemanfaatan sertifikat elektronik untuk mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Indramayu.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana, dengan Sekretaris BSSN, Syahrul Mubarak di Auditorium Dr. Roebiono Kertopati BSSN Jakarta Selatan, Selasa (09/07/2019).

Sekretaris BSSN, Syahrul Mubarak, dalam sambutannya menyampaikan,  pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE bertujuan mewujudkan tata kelola dalam pengaturan, pengarahan, dan pengendalian secara terpadu dan proses manajemen SPBE yang efektif, efisien, berkesinambungan, dan berkualitas. 

Dengan SPBE yang terpadu secara nasional, diharapkan membentuk proses bisnis pemerintahan yang terintegrasi dan menghasilkan penyelenggaraan whole of government yang baik dalam pelayanan publik. Salah satu prinsip untuk melaksanakan SPBE adalah keamanan teknologi informasi dan komunikasi. 

Penerapan SPBE harus ditopang dengan teknologi pengamanan yang menjamin kerahasiaan, keutuhan, ketersediaan, keaslian, dan kenirsangkalan. Bentuk dari teknologi pengamanan yang dimaksud adalah menggunakan tanda tangan digital yang dilengkapi dengan sertifikat elektronik yang memiliki kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah sesuai peraturan perundang-undangan.

Syahrul menambahkan, BSSN mendukung penyelenggaraan SPBE dari sisi keamanan siber dan persandian melalui penyediaan layanan sertifikat elektronik. Layanan ini merupakan jenis layanan bidang persandian yang pembinaan dan pengawasan teknisnya dilaksanakan oleh BSSN melalui Balai Sertifikasi Elektronik atau dikenal dengan BSrE. 

“Selain faktor teknologi dan sistem keamanannya, faktor penting lain yang dapat menunjang keberhasilan pelaksanaan sistem elektronik adalah sumber daya manusia atau SDM,” tegas Syahrul.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana, dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada BSSN atas terselenggaranya penandatangan kerja sama pemanfaatan sertifikat elektronik ini.

Hal tersebut akan memberikan nilai tambah bagi Kabupaten Indramayu, diantaranya akan meningkatkan nilai SPBE, program smart city, serta pembangunan command centre.

Aan juga memohon kepada BSSN agar berkoordinasi dengan Menpan untuk menyediakan formasi pegawai di bidang persandian dan keamanan informasi.

“Kami memiliki konsep pembangunan yang cepat melalui smart city, untuk itu kerjasama ini sangat penting bagi Indramayu untuk mewujudkan jalannya pemerintahan berbasis elektronik,” kata Aan.

Aan menambahkan, untuk saat ini pemanfaatan sertifikat elektronik di Kabupaten Indramayu akan dimulai pada dokumen-dokumen perizinan yang ada di bawah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Indramayu.

Oleh karena itu, turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, H. Susanto, Kepala Bidang Pengolahan Data dan Sistem Informasi, Waskam, dan Kepala Seksi Pengelolaan Sistem Informasi Penanaman Modal, Sunarto.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Lagu Terbaru - Ayu Dermayu Bintang Pantura 4 - Nylumud Batin22/07/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461