Kamis, 9 Juli 2020

Mengenal dan Mengatasi Gangguan Bipolar

Mengenal dan Mengatasi Gangguan Bipolar

OPINI
4 Juli 2019, 14:22 WIB

Dede Farhan Aulawi. (Foto: istimewa)

Oleh : Dede Farhan Aulawi (Pemerhati Gangguan Bipolar)

Cuplikcom - Akhir – akhir ini istilah gangguan Bipolar (Bipolar Disorder) sering kita dengar atau kita baca di beberapa media. Hal ini tentu menarik untuk kita ketahui agar bisa menemukan jalan keluar atau pencegahannya.

Gangguan bipolar sendiri, maksudnya adalah gangguan mental yang ditandai dengan adanya perubahan emosi yang drastis, misalnya ia bisa merasakan gejala mania (sangat senang) lalu tiba – tiba berubah menjadi depresif (sangat terpuruk).

Contoh konkritnya orang yang sangat bahagia berubah menjadi sangat sedih, orang yang percaya diri berubah menjadi pesimis, atau orang yang tadinya semangat tiba – tiba berubah menjadi malas.

Jika kita memiliki ciri – ciri tersebut, barangkali kita termasuk salah seorang yang mengagalami gangguan Bipolar, bilamana suasana hati berubah secara tiba-tiba antara dua kutub (bipolar) yang berlawanan yaitu kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi) yang berlebihan tanpa pola atau waktu yang pasti.

Gangguan bipolar dibagi menjadi bipolar I, bipolar II, cyclothymia, dan jenis lainnya berdasarkan sifat dan pengalaman tingkat keparahan episode suasana hati. Hal ini sering digambarkan sebagai spektrum bipolar. Sekitar 12 % remaja di luar negeri mengalami gangguan bipolar. 

Adapun ciri – ciri atau gejala dari tahap mania gangguan bipolar adalah mudah tersinggung sehingga mudah marah, merasa dirinya sangat penting, mendengar suara yang orang lain tak dapat mendengarnya, berbicara sangat cepat sehingga sukar dimengerti apa yang dibicarakan, sulit tidur, merasa sangat bersemangat, seakan-akan satu hari tidak cukup 24 jam, dan lain – lain.

Sementara ciri – ciri atau gejala dari tahap depresi gangguan bipolar adalah sering menangis atau ingin menangis tanpa alasan yang jelas, merasa tak berguna dan putus asa, beranggapan masa depan suram dan pesimistis, berpikir untuk bunuh diri, menghindari komunikasi dengan orang lain, dan lain – lain.

Faktor penyebabnya bisa karena masalah genetik (hereditas), stress, penyalahgunaan obat, atau kurang tidur. Pada penderita gangguan bipolar, keseimbangan cairan kimia utama di dalam otak terganggu.

Sebagaimana diketahui, otak membutuhkan neurotransmitter (saraf pembawa pesan atau isyarat dari otak ke bagian tubuh lainnya) dalam menjalankan tugasnya. Norepinephrin, dopamin, dan serotonin adalah beberapa jenis neurotransmitter yang penting dalam penghantaran impuls saraf. 

Di samping itu,  area limbik di otak berhubungan dengan emosi dan mempengaruhi hipotalamus yang berfungsi mengontrol kelenjar endokrin dan tingkat hormon. Hormon yang dihasilkan hipotalamus juga mempengaruhi kelenjar pituaritas.

Kelenjar ini terkait dengan gangguan depresi seperti gangguan tidur dan rangsangan selera. Orang yang depresi memiliki tingkat dari cortisol (hormon adrenocortical) yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh produksi yang berlebih dari pelepasan hormon rotropin oleh hipotalamus. Produksi yang berlebih dari cortisol pada orang yang depresi juga menyebabkan semakin banyaknya kelenjar adrenal. 

Lalu cara sederhana untuk mencegah atau mengatasi gangguan bipolar adalah dengan menjauhi stress, rileks dan rajin beribadah untuk mengingat-Nya agar hati menjadi tenang, berkonsultasi pada orang yang bisa untuk selalu memotivasi, tidur yang teratur,  cerdas untuk memberi maaf, hidup penuh rasa syukur, hindari fikiran – fikiran negatif dan selalu optimis dalam mengarungi kehidupan.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

VIDEO

Lagu Terbaru - Ayu Dermayu Bintang Pantura 4 - Nylumud Batin9/07/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726