Rabu, 20 November 2019

Himpunan Tenaga Kesehatan Tugu Selenggarakan Pengobatan Gratis


SOSIAL
20 Juni 2019, 16:31 WIB

Pengobatan gratis. (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Sejumlah puluhan tenaga kesehatan yang tergabung dalam Himpunan Tenaga Kesehatan Tugu (Himnakestu) menggelar acara bakti sosial pengobatan gratis bagi ratusan dan donor darah warga Desa Tugu dan Tugu Kidul, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, di Kantor Kuwu Tugu, pada Minggu 16 Juni 2019.

Kegiatan ini berawal dari cita-cita dari seluruh tenaga kesehtan yang ada di desa Tugu-Tugu Kidul, kegiatan ini pula diawali dengan peresmian Himnakestu. Lalu, pengobatan gratis dan donor darah. Dalam kegiatan kali ini mengusung tema "Tema kegiatan kemarin Satu tekad, berbagi kebaikan, wujudkan masyarakat lebih sehat" 

Dalam kegiatan kali ini di ketua oleh dr. Yusuf dan dibantu oleh  beberapa tenaga medis, paramedis, farmasi, bidan dan penata ahli anestesi, yang mana putra putri Desa Tugu-Tugu Kidul itu sendiri. 
kegiatan ini murni untuk memberi pelayanan kesehatan yang lebih terjangkau dan tujuanya juga menekan angka kesakitan dan memperanjang tarapan hidup lewat hidup sehat.

Kegiatan ini mulai pukul 07.30 - 15.30 WIB, ratusan orang yang akan periksa dan akan mendonorkan darahnya telah berdatangan ke halaman balai desa Tugu, Sliyeg.

“Target untuk pasien sendiri dari remaja hingga lanjut usia & dikhususkan untuk masyarakat desa Tugu," tutur Ketua Pelaksana Baksos, Yusuf.

Ia menjelaskan tujuan diadakannya Baksos dan Donor Darah tersebut, dikarenakan jangkauan rumah sakit maupun tenaga di Desa tugu sangat kurang.

“Di Desa kita jangkauan rumah sakit sangat jauh. Selain itu. secara ekonomi kebanyakan masyarakat disini menengah kebawah, meskipun sudah ada BPJS, kenyataan dilapangan masih banyak masyatakat yang membutuhkan pengobatan," terang Yusuf.

Ia mengungkapkan, inisiatif  puluhan tenaga kesehatan dalam berpartisipasi mendukung kegiatan bakti sosial pengobatan gratis dan  donor darah ini adalah langkah positif yang sangat diterim oleh masyarakat.

“Kegiatan ini didukung oleh 7 orang dokter umum, 1 dokter spesialis bedah plastik, 15 perawat, bidan, analisis lab, apoteker, & penata anestesi yang siap memberikan pertolongan kesehatan kepada masyarakat Tugu dan Tugu Kidul," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu Warga Tugu, Iswanto yang ikut mendonorkan darahnya sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial tersebut dan berharap dapat rutin di laksanakan.

“Ini kegiatan yang sangat positif sekali terutama bagi masyarakat yang tidak bisa periksa kesehatan, tentunya kami masyarajat berharap agar bakti sosial ini terus di ulang kembali supaya warga desa Tugu semuanya sehat," tutur Iswanto.

Sementara itu Kuwu Tugu, Ermanto mendukung  penuh kegiatan tersebut serta dapat dilanjutkan kembali secara berkesinambungan. 

"Kami bangga atas terbentuknya Himnakestu (Himpunan Tenaga kesehatan Tugu),  organisasi ini harapanya bisa memberikan program pengobatan, untuk menekan angka harapan hidup melalui kegiatan ini pula harapanya bisa terjalin komunikasi dan kebersamaan dalam memberi warna pelayanan yang sesuai kompeten dan mampu membuat nuasa kekompakan menuju tugu sehat lahir batin," tuturnya.

Senada, Kuwu Tugu Kidul, Sufyanto, menyampaikan ungkapan selamat atas terbentuknya Himnakestu, sebuah organisasi yang diiisi oleh para pelaku kesehatan dan dapat mengajak masyarakat hidup sehat serta  memberi pengobatan secara gratis.

"Tentunya  kami dari Pemdes siap memberi dukungan apabila kegiatan ini dilaksanakan kembali," tutur Sufyanto.

Seperti diketahui, gelaran acara Bakti Sosial pengobatan gratis yang di selenggarakan oleh Himnakestu ini baru pertama diadakan dan selanjutnya akan dilakukan rutin minimal 1 tahun atau 6 bulan sekali.

Sehingga target program kerja kedepan, organisasi ini bisa membuka pikiran dan pemerintahan desa mendukung secara penuh dalam mewujudkan masyarakat sehat dengan langkah-langkah positif menuju Desa Sehat Siaga Aktif.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Aksi Warga Indramayu Usut Dugaan Korupsi Yance di Kejagung20/11/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461