Minggu, 16 Juni 2019

Terkait Ajakan People Power, Ini Lima Pernyataan Sikap Pergunu Indramayu


RAGAM
20 Mei 2019, 21:25 WIB

Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Indramayu mendeklarasikan lima sikap terhadap Peo (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Menjelang penentuan hasil akhir Pilpres 2019 oleh KPU Republik Indonesia. Terdengar santer tentang  pernyataan adanya People Power yang akan dilaksanakan pada Rabu 22 Mei 2019.

Terkait hal tersebut, Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Indramayu mendeklarasikan lima sikap terhadap People Power, yang bertempat di Pondok Pesantren Darul-Ma'arif Legok Kecamatan Lohbener, Senin 20 Mei 2019.

Ketua Pergunu Kabupaten Indramayu KH. Munaji didampingi seluruh pengurus Pergunu dihadapan media menegaskan  bahwa penyelenggaraan Pemilu 2019 harus dikawal dengan baik dan santun.

"Secara resmi kami menyayangkan adanya isu People Power, karena isu tersebut sangat berpengaruh negatif bagi kalangan masyarakat yang hanya mendapatkan informasi sepihak, seharusnya jika ada ketidakpuasan terhadap penyelenggara Pemilu," jelasnya.

"Maka harus dibuktikan secara kongkrit serta mengajukannya kepada pihak yang lebih berwenang dan jika ada kesalahan, maka ditempat Pemungutan suara akan dilakukan pemilihan suara ulang (PSU) sehingga demokrasi akan tetap berjalan sebagaimana mestinya," imbuhnya.

Dihadapan masa yang hadir, lima poin Deklarasi pernyataan sikap dari  pergunu Kabupaten Indramayu  dibacakan oleh  Tasdik Sujami

Pertama, Pergunu Kabupaten Indramayu berterima kasih kepada segenap penyelenggara pemilu, khususnya KPU dan Bawaslu, serta para pihak pengamanan  negara seperti TNI dan Polri yang telah bekerja secara maksimal melaksanakan berbagai tahapan pemilu hingga mencapai proses rekapitulasi.

Kedua, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga persatuan dan keutuhan NKRI pasca pemilu.

Ketiga, adanya kelemahan dibeberapa aspek penyelenggara pemilu, merupakan hal yang harus dibenahi bersama secara kolektif kelembagaan dan kebangsaan,  dengan sikap dewasa, jernih, cermat serta bijaksana.

Keempat, Menjaga bersama kedewasaan berdemokrasi dengan menghargai proses dan menunggu keputusan final dari penyelenggara Pemilu (KPU).

Kelima, menolak adanya gerakan-gerakan  kurang produktif yang mengarah pada inkonstitusional (People Power), termasuk gerakan massa yang dibangun atas dasar emòsional dan bukan atas nama kecintaan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia.

Setelah Deklarasi selesai  dilanjutkan denggan pembacaan doa bersama untuk Indonesia serta ditutup dengan berbuka puasa dan sholat tarowih bersama.

Dalam deklarasi tersebut turut dihadiri jajaran guru dan kepala sekolah NU se-Kabupaten Indramayu, Keluarga besar keraton  kasepuhan Cirebon, badan otonom (Banom)  serta lembaga yang berada pada naungan PCNU Kabupaten Indramayu, dan ratusan  masyarakat dari desa sekitar.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Ceramah KH. Moh Syatori, S.H, MA | Maulid Nabi Muhammad SAW | 201816/06

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN