Selasa, 21 Mei 2019

Gelar Pelatihan Pijat ke 5, GNPK RI Jawa Barat Cetak Ratusan Ahli Pijat Tradisional


SOSIAL
6 Mei 2019, 22:50 WIB

Pelatihan pijat tradisional yang di selenggarakan GNPK RI Jabar. (Foto: Istimewa)

Cuplikcom - Bandung - Seiring dengan persaingan kehidupan yang semakin ketat, semua orang akan “bersaing” untuk memenangkan pertempuran dalam mencari nafkah.

Tidak muluk dan tidak berlebihan karena faktanya masih banyak masyarakat yang terdampar di pojok – pojok kehidupan, mangkal di perempatan – perempatan jalan, dan tidur bergeletakan di emper pertokoan atau di kolong – kolong jembatan. Mereka meminta – minta atau berjualan alakadarnya, sekedar untuk bertahan hidup.

Merespon fakta empirik seperti itu, GNPK RI Jawa Barat kembali dengan menyelenggarakan Pelatihan Pijat Tradisional yang profesional angkatan ke - 5.

Kali ini pelatihan diikuti oleh 115 orang peserta yang datang dari berbagai daerah di Jawa Barat, bahkan ada juga peserta dari Wonosobo Jawa Tengah.

Seperti biasanya tempat pelaksanaan dilakukan di Rumah Para Pecinta Ilmu (RUMPPI) yang terletak di jalan Mega Asri I no. 8 Bandung, Sabtu (04/05/18).

Dihubungi via sambungan telpon, Pembina GNPK RI Dede Farhan Aulawi menjelaskan bahwa program ini merupakan perwujudan dari kepedulian GNPK RI Jawa Barat dalam mengurangi jumlah pengangguran dan pengentasan kemiskinan sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"GNPK RI sejak awal kelahirannya memiliki cita – cita yang mulai dalam memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara. Tanpa harus bertanya akan mendapatkan apa, tetapi terus bekerja ikhlas dalam memberikan karya buat negeri," papar Dede.

"Sekilas program ini seperti tidak ada hubungannya dengan pencegahan korupsi, padahal dengan memiliki profesi dan penghasilan maka akan menunjang kelancaran organisasi. Tidak mungkin teman – teman para penggiat anti korupsi akan tenang dalam melaksanakan tugas organisasi, jika dapur buat keluarganya tidak ngebul," sambungnya.

Selanjutnya Dede juga menjelaskan bahwa sampai saat ini alhamdulillah semua dedikasi GNPK RI Jawa Barat dalam memberikan pelatihan keterampilan buar masyarakat tidak pernah memungut biaya, alias gratis.

"Sebagai contoh pelatihan yang sama (Pijat Tradisional) yang pernah diikutinya di dalam atau luar negeri memakan biaya jutaan rupiah, belum termasuk ongkos tiket pesawat dan hotel untuk penginapan," jelasnya.

"Tetapi di GNPK RI Jawa Barat untuk pelatihan tersebut tidak dipungut biaya agar banyak peserta yang bisa ikut, sehingga mereka bisa menjadi tenaga produktif untuk bisa menghidupi diri dan keluarganya," tambahnya.

ia mengatakan apalagi seiring dengan meningkatnya turis nusantara dan turis mancanegara yang berkunjung ke objek – objek wisata di tanah air, menuntut adanya pemenuhan pelayanan jasa pijat tradisional yang profesional.

Menurutnya dalam bisnis tidak boleh kehilangan momentum, jadi masyarakat sejak dini harus dibekali keterampilan sehingga benar – benar siap menghadapi realitas persaingan yang semakin ketat. Peserta pelatihan tidak sekedar dibekali ilmu (teori) saja, tetapi juga prakteknya.

"Bahkan setelah selesai mengikuti pelatihan harus langsung mengikuti ujian teori dan ujian praktek yang sangat ketat guna memenuhi standar kompetensi yang diinginkan. Peserta yang tidak lulus ujian, diberi kesempatan untuk mengikuti ujian perbaikan di waktu yang lain," ungkap Dede.

Dia menuturkan ada banyak jenis pelatihan yang sudah pernah dilakukan selama ini, seperti pelatihan keterampilan tata rias, pengelolaan koperasi profesional, motivasi wirausaha, kerajinan tangan dan lain – lain.

"Bahkan yang terbaru akan ada lagi pelatihan Ajudan/ ADC, pelatihan psikologi kepribadian, dan lain – lain. Intinya GNPK RI Jawa Barat dan RUMPPI fokus pada peningkatan kualitas SDM Indonesia, sebab SDM merupakan kunci keberhasilan segalanya," tandasnya.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Film Dokumenter Tentang Perkembangan Pemerintahan Dinasti Indramayu Jabar21/05/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683