Selasa, 16 Juli 2019

Ratusan Peserta Ikuti Kegiatan Mitigasi Bencana di Indramayu


RAGAM
4 Mei 2019, 15:00 WIB

Mitigasi Bencana di Indramayu (cuplik.com/ist)

Cuplikcom - Indramayu - Ratusan peserta dari berbagai komunitas kepemudaan, organisasi masyarakat, para pelajar/ mahasiswa serta masyarakat setempat mengikuti kegiatan mitigasi bencana alam yang digelar Kodim 0616 Indramayu bersama BPBD Kabupaten Indramayu, di Pantai Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, Sabtu (04/05/2019).

Selain melakukan kegiatan mitigasi bencana alam, acara tersebut juga di isi dengan tanam pohon dan bersih-bersih pantai yang diikuti semua peserta yang hadir.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membekali dan melatih masyarakat agar mengerti tentang pengetahuan bencana alam, serta melakukan pertolongan awal terhadap korban. Selain itu, membantu pemerintah daerah Kabupaten Indramayu untuk mewujudkan desa siaga bencana. 

Melinda, salah satu peserta mitigasi bencana mengungkapkan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya serta peserta yang lain, terutama dalam hal pengetahuan tentang kebencanaan serta pentingnya menjaga alam.

"Ya dari kegiatan ini kita jadi lebih tahu tentang bagaimana menangani korban yang terkena bencana alam seperti banjir, korban tenggelam dan sebagainya," kata dia.

Melinda yang tergabung di Ormas Oi ini mengatakan, dirinya lebih sering berada di lokasi saat ada bencana alam seperti banjir dan puting beliung, untuk menjadi relawan bersama BPBD Indramayu dan anggota Kodim 0616 Indramayu untuk ikut membantu dan mengevakuasi warga.

"Semoga kegiatan ini rutin dilakukan, sebagai sarana pengetahuan, baik teori serta prakteknya langsung," pungkasnya.

Seperti diketahui, Pemda Provinsi Jawa Barat telah menetapkan siaga darurat banjir dan tanah longsor mulai 1 November 2018 - 31 Mei 2019. Hal ini tercantum dalam SK Gubernur Jawa Barat Nomor: 362/Kep.1211-BPBD/2018.

Melalui SK tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menetapkan upaya atau langkah semua stakeholder dalam penanggulangan bencana, yaitu:

Segera mempersiapkan langkah-langkah guna menghadapi kemungkinan terjadinya bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan gelombang tinggi,

Segera menginventarisir kesiapan dan pengerahan sumber daya manusia, peralatan, dan logistik yang ada serta yang diperlukan untuk penanganan apabila terjadi bencana,

Segera melaksanakan pengurangan risiko (mitigasi) bencana serta menghimbau dan mengaktifkan peran serta masyarakat dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana.


Penulis : ayee
Editor : Didi Rahardi

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

(1/7) Misteri Kali Rentang, Ki Jaka Bajul Jatisawit | Sandiwara Candra Sari | 201716/07/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726