Selasa, 21 Mei 2019

Festival Padi 2019 di Desa Kalensari Cetak Rekor MURI


RAGAM
30 April 2019, 18:01 WIB

Penyelenggaraan festival Padi. (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Kabupaten Indramayu sebagai daerah agraris terbesar di Indonesia kembali menorehkan prestasi yang membanggakan kali ini gelaran ‘Festival Padi 2019’ mampu dicatat sebagai kegiatan yang mampu menorehkan nama di Musium Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas prestasi memasak diatas 90 pawon/tungku dengan menggunakan 90 varietas bibit padi lokal dan panen padi dengan varietas terbanyak. 

Penyerahan rekor MURI tersebut dilakukan, Senin (29/04/2019) di lokasi Festival Padi 2019 di Desa Kalensari Kecamatan Widasari.

Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu, Ahmad Bahtiar mengatakan, Festival Padi 2019 merupakan harapan bersama dari para pelaku pertanian di Kabupaten Indramayu. Sebagai daerah agraris, Kabupaten Indramayu telah ditetapkan sebagai daerah penyangga ketahanan pangan nasional. Untuk itu sektor pertanian di Kabupaten Indramayu harus diperhatikan secara serius. 

Untuk itu,  Festival Padi harus bisa dijadikan agenda rutin dengan materi yang berbeda sehingga progres pertanian bisa terlihat dan ini harus berdampak positif bagi para petani di Indramayu.

"Kami berharap Festival Padi ini bisa jadi agenda rutin dengan materi yang berbeda setiap tahunnya. Jika tahun ini mengedepankan variates bibit lokal,  maka tahun mendatang bisa dengan lainnya, " tegas Sekda. 

Ketua penyelenggara kegiatan, Baman Natanegara mengatakan, Festival Padi 2019 merupakan representatif dan apresiasi kepada para petani Indramayu yg telah mampu menciptakan variates benih padi lokal. 

Festival Padi 2019 ini diharapkan dapat membuka kunci kesuksesan bagi para petani Indramayu dan membangkitkan kembali semangat membangun sektor pertanian terutama bagi generasi muda Indramayu.

Baman menambahkan, selain pemecahan rekor MURI, pada Festival Padi 2019 juga dilaksanakan lomba fotografi bagi para profesional dan juga pelajar dengan menggunakan HP. 

"Dari hamparan sawah dengan varietas beraneka ragam ini ternyata menghasilkan sebuah karya fotografi yang sangat luar biasa,  dan ini menjadi penyemangat buat kami, " tegas Baman. 

Sementara itu,  Ketua Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI) Prof. Dwi Andreas Santosa mengatakan, kegiatan Festival Padi baru pertama kali dilaksanakan di tanah penghasil padi nasional yakni Indramayu.

Festival Padi 2019 yang dilaksanakan ini bukan saja mengangkat pertanian sebagai sektor komoditas, tapi juga mengangkat pertanian sebagai proses budaya yang berkembang di masyarakat dengan segala sosial kulturnya. 

"Para petani-petani Indramayu sangat bagus karena mereka telah menghasilkan bibit-bibit padi yang sudah diakui keberadaannya dan bagus kualitasnya. Selain itu, AB2TI juga banyak belajar dari para petani Indramayu," tegas Dwi. 

Pada Festival Padi 2019 tersebut,  turut hadir ratusan warga Desa Kalensari Kecamatan Widasari, para mahasiswa pertanian dari Universitas Winaya Mukti, dan berbagai unsur lainnya.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Orasi Mahasiswi Indramayu di KPK, Kasus Gratifikasi Pajero Bupati21/05/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461