Selasa, 21 Mei 2019

Jadilah Wirausahawan yang Kreatif, Berjejaring dan Tangguh


SOSIAL
12 Maret 2019, 10:05 WIB

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung menyelenggarakan pelatihan (Foto: Istimewa)

Cuplikcom - Bandung - Ketangguhan soko guru pereknomian nasional sangat dipengaruhi oleh ketangguhan perekonomian daerah, ketangguhan perekonomian daerah tergantung pada ketangguhan para wirausahawan di daerahnya masing – masing.

Sehubungan dengan hal itu maka pada hari Senin (11/02/19) bertempat di Hotel Ahadiat, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung menyelenggarakan pelatihan “Desain Kemasan Produk bagi UMKM”.

Kegiatan ini merupakan wujud dari komitmen Pemerintah Kota Bandung dalam meningkatkan ketangguhan para wirausahawan kota Bandung agar lebih maju lagi. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, dan disambut antusias oleh seluruh peserta pelatihan.

Untuk mengetahui lebih jauh kegiatan tersebut, media mewawancarai salah satu Narasumber dan Motivator Nasional Dede Farhan Aulawi.

Dede menjelaskan bahwa kehadirannya pada kegiatan tersebut untuk memenuhi undangan dari Kepala UPT Balatkop Herna Hendriana yang sudah dikenalnya sejak lama sebagai sosok pekerja keras yang tulus dalam memajukan koperasi dan UMKM di Kota Bandung.

Menurutnya Kota Bandung membutuhkan sosok – sosok pejabat yang ikhals dan sungguh – sungguh dalam bekerja seperti sosok Herna Hendriana ini.

"Mengahadapi perubahan lingkungan strategis bisnis yang mengalami banyak perubahan, Dede meminta kepada seluruh peserta untuk menjadi wirausahawan yang kreatif, berjejaring dan tangguh," unar Dede.

"Perkembangan tehnologi sesuatu yang tidak bisa dinafikan, dan faktanya sudah berpengaruh banyak dalam sendi – sendi perekonomian, termasuk lingkungan bisnis. Termasuk harus memahami apa yang disebut dengan Customer Behaviour, yaitu perilaku konsumen agar produk yang dihasilkan bisa diterima oleh pasar secara meluas," imbuhnya.

Dede mengatakan kreatifitas juga telah menjadi kata kunci agar apa yang dilihat dan didengar menjadi subjek – subjek potensial yang memiliki nilai ekonomi. Gali kreatifitas tanpa batas karena akan membuka abnyak peluang yang sebelumnya dinilai biasa menjadi luar biasa.

"Jangan menjadi manusia seperti kebanyakan orang, tetapi jadilah manusia – manusia yang super kreatif seperti dilakukan oleh sebagian orang yang berhasil," ungkapnya.

Di samping itu Dede juga menekankan pentingnya jejaring atau network, agar satu sama lain bisa saling menunjang dan mendukung agar lebih sukses lagi. Mari berfikri dan berusaha untuk meraih sukses bersama. Satu produk dengan produk lainnya menjadi kekayaan khazanah variatif produk.

"Satu wirausahawan dengan wirausahawan lainnya harus saling mendukung juga. Bahkan saat ini dunia semakin terbuka secara lebih luas, maka disamping berorientasi lokal, mulailah melakukan penjajakan untuk menembus pasar internasional," papar Dede.

Dede mengingatkan perlunya membangun karakter wirausahawan yang tangguh, yaitu wirausahawan yang tak mudah putus asa. Kalaupun pernah mengalami kegagalan atau kerugian jangan lantas berhenti dan mengeluh, tetapi harus menjadi cambuk dan pelajaran bagaimana agar berusaha untuk tidak gagal dan rugi kembali.

"Jadikanlah bulir – bulir air mata kegagagal, menjadi rangkaian mutiara indah yang gagah dipakai sebagai mehkota keberhasilan. Ingat tidak ada yang sukses tiba – tiba, karena semua melalui rangkaian anak tangga kepedihan, suka dan duka," tutup Dede yang juga merupakan seorang penyair Kontemporer Indonesia.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Kasus Pajero, Orasi Ketua Lakpesdam NU Indramayu di KPK21/05/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707