Selasa, 21 Mei 2019

Fasilitator : BKM dan Kelurahan, Mitra Strategis


SOSIAL
11 Maret 2019, 13:57 WIB

BKM Paoman (Cuplikcom/ist)

Cuplikcom - Indramayu - Sejumlah perwakilan warga dari 6 RW di Kelurahan Paoman Kecamatan/ Kabupaten Indramayu hadiri undangan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Tri Bina Mandiri, dalam rangka rapat pembentukan panitia BKM periode 2019-2022, yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Paoman, Senin (11/03/2019).

Tatang Gunawan, fasilitator Tim 2 Kecamatan Indramayu menjelaskan, pemilu BKM pada dasarnya merupakan kegiatan rutin yang sifatnya periodik, dari masyarakat untuk masyarakat.  

"Mekanisme dilakukan musyawarah, 20% pengurus BKM harus perempuan, tidak semuanya laki-laki, karena perlu informasi dari perempuan dalam beberapa persoalan. mekanismenya dilakukan proses sosialisasi, dengan sudah dibentuk panitia," jelasnya.

Ia menerangkan, BKM dengan pemerintahan kelurahan adalah mitra strategis di kegiatan perencanaan pembangunan, bagaimana sebuah proses kegiatan di lingkungan itu sama-sama bisa diselesaikan BKM ataupun kelurahan, jadi, lanjut Tatang, tidak ada istilah saling mengintervensi, apalagi ada istilah garis komando.

"BKM dan Kelurahan merupakan mitra strategis, sifatnya koordinatif," terangnya

Menurut Tatang, selama ini anggota BKM di Kelurahan Paoman beserta koordinatornya saling bahu membahu untuk selalu proaktif dalam krgiatan KOTAKU, sehingga berjalan dengan baik, apalagi tahun ini ada program yang luar bisa yang harus betul-betul disiapkan anggota BKM.

"Kalau di Paoman sejak Tahun 2016 hingga tahun ini, sudah ada kegiatan bantuan dana investasi, tapi lebih ke pelatihan peningkatan kapasitas, jadi kita mempersiapkan masyarakat dan BKM untuk mengawal kegiatan kedepan, jadi dari sisi pemahaman dan kapasitas masyarakat sudah kita siapkan," paparnya.

Dikatakannya, tahun ini ada proses pembelajaran rill, masyarakat akan mengawal kegiatan untuk mengenal lingkungannya, supaya proses persoalan kekumuhan di masyarakat bisa terjadi pengurangan.

Tatang berharap, kegiatan proses pemilihan BKM saat ini bisa berjalan dengan baik, amanah, sportif. Apalagi tahun ini adalah tahun politik, tidak ada hal-hal yang sifatnya kepentingan pribadi, namun berorientasi pada kepentingan masyarakat Paoman.


Penulis : ayee
Editor : Didi Rahardi

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Aksi Bebaskan Rusmini, Sekjen SBMI Diciduk Polisi di Kedubes Arab Saudi21/05/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN