Selasa, 20 Agustus 2019

Pemkab Indramayu Raih Predikat 'Baik' dari MenPANRB


RAGAM
28 Januari 2019, 20:12 WIB

Akuntabilitas Kinerja Pemkab Indramayu Meraih Predikat B (Foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Hasil penilaian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 Pemkab Indramayu mendapat nilai atau predikat ‘B’ (baik).

Penyerahan laporan hasil evaluasi tersebut diserahkan oleh KemenPANRB yabg digelar di The Trans Luxury Hotel Bandung, Senin (28/01/2019).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin menjabarkan, evaluasi SAKIP merupakan momentum bagi pergerakan arah pemerintahan yang makin akuntabel, serta komitmen mewujudkan profesionalisme aparatur yang mengawal berjalannya program-program negara guna menghadirkan kesejahteraan rakyat.  

Menurut Syafrudin, di awal 2019 ini, merupakan saat  yang tepat bagi semua instansi pemerintah untuk memulai resolusi kinerja yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Semangat perubahan itu hendaknya terus melandasi jiwa dan perjuangan semua aparatur negara, untuk semakin adaptif terhadap perubahan, bekerja keras, inovatif dan kreatif dalam menjalankan program kerja pemerintah.

Hal ini bertujuan agar pembangunan baik di pusat maupun daerah dapat berjalan cepat, tepat dan akurat, serta menyentuh  “segitiga harapan” yakni harapan publik, harapan sektor privat maupun harapan pemerintah itu sendiri.

“Melalui SAKIP, paradigma kinerja pemerintahan diubah, bukan lagi sekedar melaksanakan program kegiatan yang dianggarkan, tetapi melakukan cara yang paling efektif dan efisien untuk mencapai sasaran itu," kata dia.

"Kedua, memastikan bahwa anggaran hanya digunakan untuk membiayai program atau kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan. Ketiga, memastikan penghematan anggaran melalui dihapusnya kegiatan yang tidak penting, yang tidak mendukung kinerja instansi,” imbuh Syafruddin.

Sementara itu di tempat yang sama, Inspektur Kabupaten Indramayu, Didi Kusmulyadi mengatakan, prediket B yang telah diraih oleh Pemkab Indramayu harus terus ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang, khususnya di tahun 2019 ini.

Pasalnya masih terdapat kekurangan yang harus mendapatkan perhatian seperti halnya pelayanan publik yang harua segera diperbaiki dan ditingkatkan.

Menurut Didi, aaat ini Pemkab Indramayu secara bertahap kontinu menerapkan SAKIP sesuai dengan yang disyaratkan oleh KemenPANRB. Salah satunya dengan mewujudkan e-government baik untuk internal pemerintahan maupun untuk pelayanan kepada masyarakat. 

Selain itu, ujar dia, penerapan manajemen berbasis kinerja bagi para ASN sudah mulai diterapkan pada tahun 2019 ini.

"Meski meraih predikat B, kita tentunya berharap terus ada peningkatan dan progres di setiap tahunnya. Kita ingin naik status dari B ke A.  Banyak manfaat yang didapat jika kita meraih predikat A, seperti halnya keinginan pa menteri dan keinginan masyarakat Indramayu,” tegas Didi.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Ceramah Lucu Tentang Pengantin | Hj. Nining Nurhasanah Indramayu20/08/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707