Selasa, 2 Juni 2020

Jaga Sungai Kita yang Sehat, Bersih dan Indah

Jaga Sungai Kita yang Sehat, Bersih dan Indah

OPINI
26 Januari 2019, 15:40 WIB

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Oleh : Dede Farhan Aulawi

Cuplikcom - Menarik untuk menyimak laporan Living Planet Report (LPR) yang dikeluarkan WWF pada tahun 2016. Meskipun laporan ini sudah dibuat 2 tahun yang lalu, tetapi isinya masih relevan dan bahkan sangat relevan dengan kondisi kita saat ini.

Dalam laporan tersebut, Living Planet Index (LPI) menyampaikan bahwa populasi air tawar menurun secara signifikan sebesar 81% terhitung dari tahun 1970 – 2012, dengan rata rata penurunan tahunan sebesar 3,9%. Penurunan ini terjadi karena adanya perubahan lingkungan, beberapa di antaranya adalah perubahan siklus air oleh manusia yang berdampak kepada iklim dan biosfer.

Akhirnya berdampak pada kematian 5 juta orang karena penyakit yang ditularkan melalui air setiap tahun. 
 
Beberapa daerah yang masih dinilai surplus air tawar, dari waktu ke waktu terus mengalami laju penurunan sumber-sumber air tawarnya karena aktivitas-aktivitas yang tidak ramah lingkungan seperti pertambangan, pembuangan limbah industri, limbah rumah tangga, dan aktivitas-aktivitas sosial lainnya.

Ini semua seharusnya menjadi warning bagi kita semua bahwa menjaga kelestarian air sungai dan sungainya itu sendiri harus terus digalakan oleh semua pihak.

Kita juga tentunya perlu menyambut baik program – program terkait dengan upaya untuk menjaga kelestarian sungai, misalnya program Freshwater yang dilakukan oleh WWF Indonesia dengan para mahasiswa yang mengembangkan Laboratorium Air tawar alami di Sungai Subayang, danmelakukan penelitian tentang Hubungan antara Air untuk kehidupan dan keseimbangan ekosistem.

Di samping terkait penelitian – penelitian, Laboratorium Air tersebut juga secara aktif dan nyata bersinergi dengan masyarakat dalam melakukan upaya untuk melindungi sumber - sumber air tawar yang hanya tinggal 3% dari keseluruhan jumlah air didunia, dan kemungkinan akan terus menyusut seiring dengan waktu yang terus berjalan.

Sungai bukan sekedar sarana untuk mengalirkan air saja, tetapi sungai juga menjadi sumber kehidupan, airnya menyuburkan tanah dan kehidupan aneka tumbuhan dan hewan di hutan yang menjadi sumber pakan satwa-satwa seperti Harimau dan lainnya.

Jadi sungai dalam hal ini berfungsi sebagai pusat jaringan ekosistem hutan. Ketika sungai tercemar dan rusak akibat ulah tangan – tangan manusia, maka hutan akan hancur, ekosistem akan lumpuh, satwa akan mati, dan akhirnya berdampak pada kelangsungan hidup umat manusia.

Oleh karena itu, tidak henti – hentinya, dan jangan bosan – bosannya kita untuk selalu mengingatkan masyarakat dalam gerakan untuk menjaga kejernihan dan kebersihan aliran sungai dalam rangka ikut melestarikan ekosistem hutan, dan akhirnya menyelamatkan kehidupan umat manusia.

Tentunya kita berharap agar anak cucu kita kelak masih bisa menikmati air yang sehat dan bersih, lingkungan sungainya asri dan indah, maka gerakan menjaga sungai harus terus dilakukan.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

VIDEO

PSBB diterapkan, Pemkab Indramayu sekat jalan di tengah Kota2/06

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060