Jum'at, 29 Mei 2020

Mengenal Fungsi Penting Sungai Untuk Manusia

Mengenal Fungsi Penting Sungai Untuk Manusia

OPINI
17 Januari 2019, 17:31 WIB

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Oleh : Dede Farhan Aulawi

Cuplikcom - Mungkin banyak manusia yang tidak pernah peduli dengan sungai, baik sungai yang ada di sekitarnya atau sungai di luar daerahnya. Seandainya mereka tahu dan menyadari fungsi penting dan manfaat dari sungai, seharusnya bisa merubah perilaku yang acuh menjadi perilaku yang peduli.

Sungai bukan soal orang lain, tetapi menjadi kepentingan setiap orang. Soal pengetahuan mungkin mereka tahu, tapi ini soal kepedulian dan kesadaran untuk menjaganya. Konsistensi sikap ini perlu dijaga dan diingatkan oleh setiap orang.

Fungsi penting pertama tentang sungai tentunya sebagai penampung air hujan yang turun, diharapkan bisa mengalir dengan lancar dan tanpa sumbatan melalui gorong – gorong kecil lalu menuju ke sungai dan teralirkan dengan baik.

Jika hal ini bisa dilakukan, maka potensi banjir bisa dicegah secara dini. Akhirnya seluruh aliran air hujan ini bisa tersalurkan dengan lancar sampai ke hilir.

Di samping itu aliran air sungai ini juga bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan sumber listrik yang sering dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Jika ini bisa dilakukan secara maksimal maka sesungguhnya banyak sungai di Indonesia yang memiliki potensi sebagai pembangkit listrik yang luar biasa.

Sungai itu bisa juga berfungsi sebagai pusat ekosistem, khususnya ekosistem berbagai jenis ikan. Jika ikannya terjaga dengan baik, maka bisa menjadi sumber penghasilkan bagi mereka yang mencari nafkah dari menangkap ikan.

Bisa juga untuk memenuhi kebutuhan ikan bagi keluarganya. Atau menjadi tempat hiburan bagi mereka yang suka memancing ikan di sungai. Ikan tentu bukan satu – satunya sumber nafkah di sungai, karena bisa juga menjadi sumber nafkah dari profesi penambang pasir/ batu sungai.

Ada juga yang memanfaatkan sungai sebagai sarana transportasi perairan dan tentu menjadi ladang nafkah juga.

Selain itu tidak sedikit masyarakat yang memandang sungai sebagai tempat rekreasi. Teknisnya bisa diolah sesuai dengan minat dan hobinya masing – masing, seperti berenang, main arung jeram,relaksasi dan untuk mencari inspirasi.

Gemercik air terjun, keindahan alam, dan sepoi – sepoi angin sering berdampak positif juga untuk menghilangkan stress pekerjaan. Banyak orang yang tinggal dan kerja di perkotaan merasa jenuh dengan rutinitas kerjanya, maka sungai menjadi salah satu alternatif tujuan tempat rekreasi.

Lihat saja banyak sungai yang telah menjad tujuan wisata, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Terakhir fungsi dan manfaat sungai itu untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari, baik untuk keperluan memasak, mandi, mencuci pakaian, mencuci perabotan, menyiram tanaman, dan berbagai keperluan harian lainnya.

Oleh karena itu utuk menjaga agar manfaatnya dirasakan maksimal maka kelestarian harus dijaga oleh setiap warga. Jika ada warga yang melanggar harus diingatkan. Jika masih membandel tinggal laporkan saja kepada aparat yang berwenang.

Di tingkat kampung misalnya bisa dilaporkan ke RT atau RW agar menegurnya. Jadi sekarang juga diharapkan di lingkungan RT dan RW sudah terbentuk satgas khusus untuk menjaga kelestarian sungai. Jika semua sadar dan butuh air, maka menjaga sungai menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

Indramayu Darurat Korupsi

Coba gah lur pada sadara, wis aja nurut bae sekien mah, aja wedi lah, dipilih-dipilih kuh malah jeh korupsi kabeh, ampun tamah, Indramayu darurat korupsi. yu gah lur milih pemimpin sing ebat kah lur sing kira kaya daerah sejen, kira2 Indramayu bisa maju k

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

VIDEO

Kronologis Gratifikasi Pajero untuk Bupati Indramayu dari Rohadi29/05/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726