Selasa, 21 Mei 2019

SBMI Gelar Workshop Strategi Klaim Kompensasi Massal


RAGAM
5 Desember 2018, 23:18 WIB

Workshop strategi klaim kompensasi massal, SBMI. (cuplikcom/ist)

Cuplikcom - Jakarta - Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) bersama Yayasan TIFA dan Open Society Justice Initiative (OSJI) menggelar kegiatan workshop strategi klaim kompensasi massal, di Swiss-Belresidences Kalibata Jakarta Selatan, Selasa (4/12/2018) hingga Rabu (5/12/2018).

Dalam acara tersebut, dihadiri sejumlah praktisi hukum dan CSO/NGO dari sejumlah daerah yang intens melakukan advokasi atau pendampingan kasus di sektor pekerja migran Indonesia (PMI), untuk membantu PMI mendapatkan bantuan hukum baik secara litigasi maupun non litigasi, dalam menyelesaikan berbagai masalah atau kasus yang dihadapi PMI.

Ketua Umum SBMI, Hari Yanto mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut agar paralegal/ pendamping kasus di sektor PMI saat akan mengajukan klaim kompensasi massal dapat mengidentifikasi risiko dan tantangannya, serta peluangnya apa saja.

"Strategi dalam melakukan klaim kompensasi massal ini adalah baru dan belum banyak digunakan oleh paralegal atau pendamping kasus pekerja migran bahkan para praktisi hukum atau advokat," kata Hari

Dikatakannya, pengumpulan data merupakan elemen penting dari strategi klaim massal, karena, lanjut Hari, data pada kasus digunakan untuk menunjukkan kepada lawan atau pihak tergugat, pemerintah bahkan pengadilan untuk mengklaim kompensasi dan ganti rugi, yang menjadi hak-hak PMI.

"Klaim untuk upah yang tidak dibayar yang diajukan terhadap PPTKIS, dengan menggunakan dokumen perjanjian penempatan dan perjanjian kerja yang disyaratkan oleh undang-undang," jelasnya.

Selain itu, kata Hari, klaim untuk kecelakaan kerja di bawah skema jaminan sosial yang disahkan oleh pemerintah pada tahun 2017 dengan Permenaker no.7 tahun 2017 bisa di implementasikan.

Pihaknya berharap, dengan kegiatan workshop tersebut bisa memberi energi baru bagi paralegal atau pendamping kasus agar bisa menerapkan langkah-langkah dalam mengajukan klaim kompensasi massal yang disampaikan pada materi workshop, meskipun bukan menjadi acuan bagi tiap-tiap organisasi yang hadir.


Penulis : robidin
Editor : Didi Rahardi

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

VIDEO

Aksi Warga Indramayu Usut Dugaan Korupsi Yance di Kejagung21/05/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726