Selasa, 2 Juni 2020

HIV/AIDS Meningkat di Indramayu, Pemuda Muhammadiyah Ajak Seluruh Elemen Bekerjasama

HIV/AIDS Meningkat di Indramayu, Pemuda Muhammadiyah Ajak Seluruh Elemen Bekerjasama

SOSIAL
1 Desember 2018, 13:27 WIB

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Indramayu Sodikin (foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Indramayu mengaku prihatin atas kasus HIV/AIDS di Kabupaten Indramayu Makin meningkat.

Berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan AIDS dan Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, jumlah pendertia HIV/AIDS di Kabupaten Indramayu sedikitnya ada 3.285 penderita HIV/AIDS pada September 2018. 

Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Indramayu Sodikin yang di dampingi Jiaul Haq Ketua Bidang Organisasi Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Indramayu saat di temui di sela sela peringatan Hari Aids Sedunia di Pendopo Kabupaten Indramayu, Sabtu (01/12/18) mengungkapkan, data yang peroleh dari Dinas Kesehatan pada tahun 2016 di temukan Penderita HIV/Aids ada 2025 penderita namun kini September 2018 sudah mencapai 3.285 penderita.

Sodikin memperkirakan, jumlah penderita yang sesungguhnya lebih banyak dibandingkan jumlah yang terdata. Pasalnya kasus penemuan penderita HIV/Aids seperti gunung es yang terlihat kecil namun permukaanya besar, hal itu di karenakan penderita HIV/Aids merasa malu untuk memeriksakan diri ke layanan kesehatan.

Senada dengan Sodikin, Jiaul Haq yang juga mantan Koordinator pelaksana SSR TB-HIV Aisyiyah Kabupaten Indramayu Periode 2016-2018, menambahkan, penyebaran HIV/AIDS tertinggi di Indramayu masih ditularkan lewat hubungan seksual.

Dari jumlah kasus yang terdeteksi, tercatat ada  2.960 kasus yang penularannya lewat hubungan seks heteroseksual.

"Penularan ini justru mengancam Ibu  rumah tangga, mereka di temukan menderita HIV ketika memeriksakan kesehatan sebagai buruh migran, Ibu rumah tangga  tertular dari suaminya yang melakukan hubungan seks di luar rumah," kata dia, seperti rilis yang diterima Cuplikcom, Sabtu (01/12/18).

Oleh karena itu Pemuda Muhammadiyah Indramayu mendorong pemerintah di Hari Aids seDunia ini agar betul betul memberi solusi dan perhatian khusus kepada penanggulangan HIV/Aids di Kabupaten Indramayu agar bisa memutus mata rantai penularan dan menurunkan angka Penderita HIV/Aids.

''Disini butuh peran serta antara Pemerintah, masyarakat, ormas dan LSM yang bergerak di bidang HIV dalam penanggulangan HIV/Aids agar ke depan Indramayu bebas dari HIV/Aids," pungkasnya.


Penulis : Winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

bupati indramayu

kapan ya bupati indramayu dipimpin oleh orang PDIP Semoga terjadi sampe jadi bupati indramayu dipimpin wong cilik PDIP

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Kehilangan STNK Motor Mio

Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indramayu. Hub +62 878-8968-1083. Trimakasih.

VIDEO

Ini Kronologi PDP Corona Meninggal di Indramayu2/06

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
Jual Prodak Disinfektan dan Car Air Disinfektan Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia WA 087827500060