Selasa, 11 Desember 2018

Besok!! Semarak AHF Peringati Hari Aids Sedunia Digelar di Indramayu


SOSIAL
30 November 2018, 16:05 WIB

Konferensi pers kepada awak media. (foto: winan)

Cuplikcom - Indramayu - AIDS Healthcare Foundation (AHF), organisasi AIDS global terbesar, kembali menyelenggarakan sejumlah acara komunitas yang beranekaragam di 41 negara termasuk Indonesia dalam rangka  memperingati Hari AIDS Sedunia yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 1 Desember.

Dengan slogan 'Keep the Promise on HIV/IDS', AHF akan menandai kemajuan yang dibuat dalam upaya mengatasi penyakit menular ini.  Hari AIDS Sedunia 2018 dijadikan pengingat bagi para pemimpin dunia bila, menurut data UN terakhir, lebih dari 36 juta orang hidup dengan HIV/AIDS di seluruh dunia.

Setiap tahun 1,8 juta orang terinfeksi virus dan 940,000 meninggal karena AIDS. Sementara itu jutaan orang saat ini mengakses terapi ARV (Anti RetroViral), lebih dari jutaan lagi yang benar-benar membutuhkannya.

Akhir epidemi ini hanya mungkin terjadi bila para pemimpin dunia tetap menjaga janjinya pada AIDS (Keep the promise on AIDS).

"Dengan hampir 37 juta orang hidup dengan HIV di seluruh dunia dan secara realistis hanya lebih dari setengah yang tertangani dengan baik, sangatlah jelas bila dunia tidak berada dalam kecepatan yang tepat untuk memenuhi target pelayanan global yang telah ditetapkan," demikian kata kata Presiden AHF Michael Weisntein seperti rilis yang diterima Cuplikcom, Jum'at (30/11/18).

Peringatan Hari AIDS Sedunia 2018 dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan, mulai dari konser musik, pagelaran budaya dan karnaval serta rangkaian kegiatan advokasi.

Seperti biasanya AHF akan menyediakan layanan gratis untuk tes HIV, pembagian kondom dan mengadakan sesi interaktif untuk meningkatkan  kewaspadaan HIV/AIDS  di berbagai tempat di Afrika, Asia, Amerika Latin, Karibia, Eropa dan Amerika Serikat.

Tahun 2018, AHF Indonesia memusatkan peringatan Hari AIDS Sedunia di Indramayu bersama Perkumpuan Setia Indonesia sebagai mitra AHF Indonesia pada Sabtu, 1 Desember 2018 mulai  pukul 09.00 WIB di alun-alun Pendopo Indramayu.

Acara hiburan, karnaval, pameran, tes HIV gratis, serta acara sermonial yang menampilkan budaya lokal akan ditampilkan dengan tujuan edukasi dan advokasi publik tentang program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Indramayu pada khususnya. 

Dengan semangat dan tujuan yang sama, AHF Indonesia juga mendukung peringatan Hari Aids Sedunia 2018 di beberapa tempat, khususnya yang diselenggarakan oleh mitra-mitra AHF Indonesia di DKI Jakarta dan Jawa Barat seperti:

PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) DKI jakarta, Yayasan Layak (Depok, Jawa Barat), Resik (Purwakarta, Jawa Barat), Yayasan Matahati (Pangandaran, Jawa Barat) serta Yayasan Karisma (DKI Jakarta).

Data Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI mencatat, sejak pertama kali dilaporkan tahun 1987 hingga Maret 2018, jumlah kumulatif infeksi HIV di Indonesia mencapai 291.129 kasus dan jumlah AIDS mencapai 106.965 kasus.

Kemenkes RI juga menyebutkan seluruh provinsi di Indonesia telah melaporkan adanya kasus HIV/AIDS. 
Provinsi Jawa Barat menjadi salah  satu provinsi di Indonesia yang memiliki jumlah kasus HIV/ AIDS tinggi.

Sementara itu, menurut data dari KPA Kabupaten Indramayu, sejak tahun 1993 sampai dengan bulan September 2018 Kabupaten Indramayu mencatat 3.258 kasus HIV/AIDS.

Program penanggulangan HIV di Indonesia memiliki tujuan untuk mencapai  fast track 90 90 90 dimana pemerintah Indonesia dan seluruh komponen terkait berkomitmen untuk mendorong 90% orang yang terinfeksi HIV tahu status HIV-nya, 90% orang yang sudah tahu status HIV-nya sudah memulai pengobatan ARV dan 90% orang yang telah melakukan pengobatan HIV tetap dalam pengobatan sehingga virusnya tersupresi.

Tujuan fast track 90  90 90 ini diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030 berdasarkan komitmen bersama negara-negara lainnya didunia. Untuk mencapai tujuan tersebut, sangat dibutuhkan inovasi-inovasi yang diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih baik dengan cakupan yang lebih luas.

Untuk itu, Hari AIDS Sedunia 2018 diselenggarakan dan didukung penuh AHF untuk mengingatkan janji para pemimpin atas komitmennya pada penanggulangan HIV/AIDS (KeepthePromiseonAids), memberikan edukasi yang tepat ke masyarakat tentang HIV/AIDS sebagai upaya preventif dan lebih dari itu mendukung ODHA dan populasi kunci di Indonesia lewat kampanya media sosia #SayaSehatSayaBerani.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

VIDEO

Lawakan Siang Sandiwara Jaya Laksana | Live Bojongslawi11/12

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461