Jum'at, 29 Mei 2020

Dirut PAM Dicopot Akibat Kinerja Buruk

Dirut PAM Dicopot Akibat Kinerja Buruk

HUKUM
27 Maret 2009, 02:04 WIB
Cuplik.Com -

JAKARTA - Direktur Utama PT PAM Jaya Hariadi Priyohutomo akan dipecat sehubungan dengan masih buruknya kinerja perusahaan penyedia air minum bersih berlangganan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto tidak menjelaskan secara persis kapan direktur yang sering disapa Didit itu akan dicopot dari jabatannya.

Namun, pada 13 April nanti dirinya akan membentuk tim independen yang terdiri dari beberapa konsultan asal Universitas Indonesia (UI) untuk mencari pengganti Didit yang lebih kompeten.

Mantan Asisten Teritorial (Aster) TNI AD itu menjelaskan, kalau salah satu alasan mengapa pemecatan ini dilakukan karena PAM Jaya tidak bisa mencapai target untuk meningkatkan jaringan pasokan air serta perbaikan kualitas air PAM, termasuk target menekan penurunan kebocoran air.

Wagub juga tidak menjelaskan apakah telah melakukan pembicaraan secara resmi ataupun mengirimkan surat pemberitahuan kepada Didit terkait dengan rencana pelengseran tersebut.

Untuk mencari calon dirut PAM yang baru, lanjut Prijanto, pihaknya bersama tim independen itu akan melakukan serangkaian tes uji kepatutan dan kelayakan. Fit and proper test itu akan mencari pemangku jabatan yang dapat meningkatkan pelayanan terhadap penyediaan air bersih di Jakarta.

Menurutnya, pemprov tidak sanggup berbuat banyak lantaran terbatas oleh memorandum of understanding (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) antara PAM Jaya, Palyja, dan TPJ yang dibuat sejak tahun 1998. "MOU itu menjerat kaki dan tangan Pemprov untuk melakukan pengelolaan air secara mandiri," ujarnya.

Menurut Prijanto, meskipun hingga kini pelayanan terhadap konsumen masih jauh dari harapan sangat tidak memungkinkan dilakukan pemutusan kerja sama, karena risikonya berat, yaitu tuntutan investor sebagai kompensasi mengembalikan kerugian dan investasi yang telah masuk.

"Sangat ironis, Kota Jakarta yang kaya air, masih banyak warga yang kesulitan mendapatkan air bersih. Kalah dengan Makkah, yang sebagian wilayahnya padang pasir, ketersediannya airnya sungguh melimpah,"terangnya.

Sementara Didit yang diwacanakan akan dicopot itu hingga berita ini diturunkan tidak dapat dihubungi. Anggota Bidang Teknis Badan Regulator Penyediaan Air Minum (BR PAM) Firdaus Ali menambahkan, ada dua hal yang perlu diperhatikan agar pelayanan publiK ini lebih baik, pertama direksi harus mengetahui secara seksama tentang kontraknya dengan operator agar kontrak seimbang tanpa ada yang merasa dirugikan.

Kedua, lanjutnya, lebih pada faktor eksternal yakni pemprov harus memberikan keleluasaan direksi untuk tidak mengintervensi jajaran direksi menetapkan kebijakan air minum.

Penulis :
Editor :

Tag :

CURHAT RAKYAT

PENYULUH AGAMA ISLAM NON PNS KAB. INDRAMAYU

Para penyuluh agana islam di Kabupaten Indramayu mengharapkan dapat perhatian khusus dai pemkab Indramayu, para penyuluh agama islam adalah tititk awal dalam segala bidang kehidupan, bagaimana tidak merekalah yang memberikan pendidikan pengenalan huruf a

Pilbup indramayu

Semoga Bupati Indramayu 2020 - 2025 Kang Raden Inu Danubaya Turun Wiralodra XII Bukan keturunan koruptor Bukan orang pemerintahan atau anggota dewan/DPR Sing pasti amanah jujur dan bermasyarakat juga memakmurkan rakyatnya ya Kang Inu Dananubaya As

Siap Dukung Pak H Juhadi Bupati Indramayu 2020

Wayae wayae... saatnya Indramayu memiliki pemimpin yang mampu dan bisa berbuat untuk rakyat Indramayu. Semoga partai partai pada sadar dan merekom pa H Juhadi untuk bupati Indramayu 2020. amiiin

VIDEO

Polres Indramayu Gelar Konferensi Pers, Kasus Curas dan Penjambretan29/05

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Pondok Therapi THOYIBAH Mamah Endang menerima- Bekam - Pijat Refleksi dan Tradisional - Bedah Aura - Cek Gula Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jual Jamu Rebus & Rempah. WA/HP 0877 0885 8726
Jual Disinfektan dan Car Disinfektan OTOGARD Wilayah Ciayumajakuning Hub Dahlia 087827500060
Telah hilang sebuah STNK Sepeda Motor Yamaha Mio, warna hitam, No. Pol. E 2577 PAE, atas nama Acah Wiarsyah. Kehilangan terjadi di Indramayu Kota: antara Jl. Olahraga dan Prapatan DPRD Kabupaten Indr
PK. KNPI TUKDANA MENGGALANG DANA SOSIAL PEDULI TSUNAMI BANTEN, BERSAMA ANSOR TUKDANA, REPS SUKADANA, POLSEK TUKDANA, PEMERINTAH KECAMATAN TUKDANA, LP. MAARIF BANGODUA, SMPN SATAP TUKDANA, KARANGTARUN
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461