Selasa, 11 Desember 2018

Ini Progam Caleg Dasiwan Jika Terpilih Jadi Wakil Rakyat


POLITIK
15 November 2018, 18:48 WIB

Pemasangan baliho. (foto: istimewa)

Cuplikcom - Indramayu - Dasiwan (41), mantan  Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Taiwan yang maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg) DPRD II Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, nomor urut 4 dari PDI Perjuangan di Dapil III Indramayu jika nanti terpilih berjanji akan mempedulikan nasib TKI dan keluarganya.

Sebagaimana bunyi slogannya 'Harga Diri TKI adalah Harga Diri NKRI, Lindungi..!' yang tera di dalam alat peraga kampanye yang ia sosialisasi ke masyarakat di beberapa titik di Dapil III Indramayu meliputi Kecamatan Jatibarang, Sliyeg, Kertasmaya, Sukagumiwang, Tukdana, Bangodua, dan Kecamatan Widasari.

"Jika saya di beri amanat terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten, saya dan TIM SEKAWAN (red. Sedulur Kang Dasiwan) permasalahan TKI akan jadi prioritas kerja kami," ucap Dasiwan, pada Kamis (15/11/2018).

Dasiwan mengatakan, awalnya maju nyaleg karena ia terdorong oleh rasa kepedulian dan keprihatinannya terhadap permasalahan masyarakat Indramayu yang bekerja di luar negeri. Dia menganggap persoalan TKI di daerahnya masih belum mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten maupun DPRD.

Padahal menurut Dasiwan, animo masyarakat Indramayu yang memilih untuk bekerja di luar negeri sangat tinggi dan selalu menduduki rangking pertama se-Indonesia sebagai daerah pengirim TKI (Data BNP2TKI jumlah TKI asal Indramayu Januari - Oktober 2018 sebayak 17.865 orang). 

"Lebih dari itu, TKI asal Indramayu juga banyak yang mengalami masalah tercatat di data BNP2TKI dari Januari sampai Oktober 2018 ada 97 Kasus," papar Caleg Mantan TKI Taiwan.

Lanjutnya, ini sangat ironis. Sebagai daerah pengirim PMI terbesar dengan jumlah PMI yang bermasalah tertinggi, Pemkab Indramayu sejak dulu sampai sekarang belum memiliki Peraturan Daerah (Perda) yang khusus mengatur warganya yang menjadi PMI.

"Atas dasar tersebut hati saya terdorong untuk maju nyaleg, dengan harapan saya bisa menyuarakan dan isu-isu TKI di parlemen," kata Dasiwan.

Dasiwan berjanji jika dirinya nanti terpilih menjadi anggota DPRD kabupaten Indramayu persoalan TKI akan menjadi prioritas dalam kerja-kerjanya sebagai anggota dewan.

Program diprioritaskan

Ini yang diprioritaskan Dasiwan jika terpilih sebagai anggota legislatif :
1. Peraturan Daerah (Perda)   Perlindungan TKI

2. Membuat Posko Pengaduan TKI di Tingkat Desa

3. Mempermudah Akses Informasi TKI

4. Mendorong Terwujudnya Biaya Penempatan TKI yang Murah dan Transparan.

5. Mempermudah Proses Pembuatan Dokumen untuk Calon TKI

6. Meningkatkan Fungsi Balai Latian Kerja (BLK) Daerah untuk Pelatihan Calon TKI dan Asrama Calon TKI

7. Menyediakan Mobil Siaga Perlindungan TKI

8. Pemberdayaan Ekonomi Purna TKI Berbasis Koperasi

9. Menaikan Anggaran Perlindungan TKI

10. Mendorong Penegakan Hukum Kasus TKI dan TPPO

11. Mengawasi Bantuan Program Sosial, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, dan lain-lain.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

CURHAT RAKYAT

VIDEO

Kasus Pajero, Orasi Ketua Lakpesdam NU Indramayu di KPK11/12/2017

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461
Adi Sanga Collection Terima Pembuatan Kaos, Sablon dll info WA 081280656707
BRO AL Barber Shop - Hair Cut - Wash - Massage - Hair Tonic - Pomade - Warm Towel. Alamat Jalan MT Haryono No 37 Indramayu (Depan Kantor Dinas Kesehatan) WA 085221430567 - 081324159683