Senin, 24 September 2018

70 Tahun Polwan dalam Pengabdian


HUKUM
4 September 2018, 09:00 WIB

70 Tahun Polwan dalam Pengabdian. (foto: istimewa)

Cuplikcom - Jakarta - Mungkin masyarakat Indonesia banyak yang belum tahu bahwa tanggal 1 September kemarin Polisi Wanita Indonesia sudah berusia 70 tahun dalam pengabdian pada bangsa dan negara. Jadi tanggal 1 September 2018 adalah HUT Polwan Republik Indonesia yang ke-70. 

Pada kesempatan ini, media menghubungi Dede Farhan Aulawi selaku Komisioner Kompolnas yang banyak memberi perhatian dalam pengembangan peran Polwan dalam tugas - tugas kepolisian.

Dede Farhan menjelaskan bahwa dalam perjalanan sejarah kelahirannya pada tanggal 1 September 1948 di Bukittinggi - Sumatera Barat, saat itu Indonesia sedang menghadapi agresi militer Belanda yang ke-2.

"Atas dasar kebutuhan objektif saat itu sangat diperlukan  adanya peran wanita dalam melaksanakan tugas - tugas kepolisian," ungkapnya, Selasa (04/09/18).

Dijelaskannya jadi secara historis dasar pembentukan Polwan itu adalah karena adanya kebutuhan objektif atas peran - peran strategis wanita dalam tugas - tugas kepolisian.

"Tugas - tugas seperti dalam hal penanganan dan penyidikan kasus kejahatan yang melibatkan wanita dan anak, baik sebagai korban maupun pelaku kejahatan," jelasnya.

Masih dikatakan Dede, tentu bukan hanya itu. Polwan yang mengemban misi internasional pun banyak, seperti yang sedang bertugss di Haiti atau Sudan. Kinerja mereka pun dinilai sangat bagus oleh PBB.

"Saat ini banyak polwan yang menduduki menduduki jabatan strategis, dan ke depan tentu diharapkan bisa lebih banyak lagi," harap Dede Farhan.

Dede juga menambahkan bahwa tugas polwan itu sesungguhnya sangat berat karena disamping tugas - tugas kedinasan, di saat yang bersamaan mereka pun tidak boleh lupa akan tanggung jawab pada keluarganya, seperti melayani suami dan membimbing anak - anaknya.

"Dari sisi keterampilan dan pengetahuan polwan itu hebat. Polwan lebih telaten dan sabar. Karakter keibuannya melekat sesuai fitrahnya. Tapi itu tidak berarti polwan lemah. Justru disanalah letak kehebatannya," paparnya.

"Sentuhan kasih dan keramahannya bisa lebih mendekatkan Polri dengan masyarakat. Polri tidak pernah membedakan anggota berdasarkan gender. Semua memiliki kesempatan yang sama untuk berprestasi dan berkarir," tambahnya.

Dia menambahkan, dirgahayu Polwan Indonesia, semoga tetap jaya dan tambah maju. "Bersatu untuk Maju, Berdiri untuk Mengabdi," tutup Dede Farhan mengakhiri wawancara.


Penulis : winan
Editor : Anan Felicio

Tag :

CURHAT RAKYAT

VIDEO

LAGU TERBARU - AYU DERMAYU BINTANG PANTURA 4 - NYLUMUD BATIN24/09

TERBARU LAINNYA

IKLAN BARIS

Ingin Bisa dan Handal MengemudiKursus Mengemudi Fajar Utama Indramayu Solusinya. Hub WA 087717771475
Terima Jasa Foto/Video WA 087727733461